Tanya Dokter

  • Mengatasi sakit kepala pada penderita rheumatoid arthritis

  •  soela
    Anggota
    selamat malam dok. saya didiagnosa oleh dokter menderita rheumatoid arthritis sejak bulan juli 2017, Sy termasuk terdeteksi sejak dini. Umur saya 23tahun. Saya sudah menjalani pengobatan sampe sekarang, dan masih berlanjut. Methylprednisolone, Calcit, Lansoprazole. Awal dosis 2x sehari, lalu bertahap 1x sehari, dan sekarang 2 hari sekali. Penurunan dosis menurut perkembangan kondisi saya. Tapi tiga hari ini saya sering sakit kepala tanpa sebab apapun, terkadang karna sensitif terhadap sinar matahari, tp selebihnya tanda sebab. awal saya kira efek samping methylprednisolone, tp sy dua hari tidak minum juga tetep sakit kepala. Baiknya apa yg bisa saya lakukan dok? dan sakitnya efek dari apa? mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya
    soela  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Rhematoid artritis merupakan suatu keadaan dimana terjadi pada peradangan sendi sendi tubuh. Peradangan tersebut biasanya terjadi di lebih dari satu sendi. Salah satu penyebab yang dapat menyebabkan terjadi rhematoid arthritis adalah autoimun.

    pengobatan rhematoid arthritis ( RA) harus melalui serangkaian pemeriksaan oleh dokter, seperti misalnya pemeriksaan rontgen, pemeriksaan darah untuk melihat kadar antibodi atau tanda peradangan lainnya.

    pengobatan RA memang salah satunya menggunakan metilprednisolon. Metilprednisolon merupakan suatu obat golongan steroid yang berfungsi untuk menekan respons imun tubuh. Biasanya pengobatan menggunakan steroid memang akan dilakukan penyesuaian dosis tergantung dari keadaan anda. 

    Jika saat ini anda merasa sakit kepala, maka keadaan tersebut mungkin saja disebabkan karena efek samping dari metilprednison tersebut. Metilprednisolone dapat terjadi beberapa efek samping seperti misalnhya hipertensi/ darah tinggi, mual, muntah, sakit kepala, gangguan pada lambung. Biasanya walaupun anda sudah berhenti menggunakan metilprednisolon, tetap saja efek samping tersebut masih dapat terjadi hingga berhari hari. Tetapi disarankan agar anda tidak sembarangan menghentikan pengobatan metilprednisolone tanpa sepengetahuan dokter terlebih dahulu.

    tetapi selain itu keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena beberapa penyebab lainnya seperti:

    • sakit kepala tipe tegang/ tension type headache
    • terlalu lama berada di bawah terik matahari
    • tekanan darah tinggi
    • Kadar gula darah rendah
    • mata minus

    oleh karena itu, disarankan agar anda berkonsultasi ke dokter tempat anda berobat, sehingga dokter dapat memeriksa ulang keadaan anda sehingga nanti dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

    disarankan agar anda tidak merokok, istirahat cukup, konsumsi cukup sayur dan buah.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Rhematoid arthritis

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny