Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala sebelah

  • halo dok,

    Saya mengalami sakit kepala sebelah sejak 12-13 tahun yang lalu. bagian kepala yang sakit sebelah kanan. Saat sakit biasanya saya tidak bisa melihat cahaya sedikit pun. kalau lihat cahaya, langsung berdenyut atau makin sakit. sakitnya muncul hampir setiap tahun(2thn terakhir tidak), dan biasanya muncul sekitar bulan agustus/september.

    proses sakitnya berawal dari leher bagian kanan belakang (tengku) terasa tegang dan terasa berdenyut, kemudian menjalar belakang telinga, pelipis, kemudian atas kepala bagian kanan. saat kumat, sakitnya bisa sampai 30-45menit. dan sakit ini bisa muncul sampai 2 minggu, setelah itu bisa beraktivitas dengan normal. saat" kondisi seperti ini, saya sering merasa ngantuk, tegang leher, dan pusing.

    setiap konsultasi ke dokter, saya hanya diberi obat untuk mengurangi ketegangan otot. seperti dolo-neurologion, triptagic, dan obat yang mengandung paracetamol. namun tidak ada satupun obat yang membuat saya merasa lebih baik.

    saya sudah pernah melakukan CT-Scan(9thn yg lalu), MRI(4-5thn yg lalu) dan terakhir MRI+MRA(baru saja). Namun dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan hal aneh apapun. namun terakhir kali pemerikaan (MRI+MRA), dari hasil ada laporan yang menyebutkan "Dijumpai lesi bersekat yang hiperintens pada T2 dan Hipointens pada T1 pada pertengahan fossa posterior, curiga arachnoid cysts". namun kata dokter saraf terakhir yang saya kunjungi, tidak ada masalah dengan itu.

    kira" apa yang harus saya lakukan dan sebenarnya sakit apa yang saya derita?

    Halo,   Kondisi yang Anda gambarkan diatas kemungkinan disebabkan oleh Sakit kepala migrain. Namun kondisi lain juga bisa menyebabkan kondisi Anda seperti :

    1. sakit kepala tegang.
    2. Sakit kepala cluster.
    Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala berdenyut yang penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Namun peneliti menemukan kaitan antara gangguan aktivitas temporer (sementara) pada otak yang menimbulkan gangguan migrain ini. Walaupun penyebab migrain masih belum diketahui namun banyak pemicu migrain yang bisa dikenali dan dihindari agar tidak menimbulkan gejala migrain kambuh seperti :
    • Kondisi lingkungan tertentu = terlalu bising, terlalu terang, cahaya berkedip dll.
    • Stress psikis
    • Hormonal = menstruasi, menopause dll.
    • makanan tertentu = coklat, keju, jeruk, alkohol, kafein dll.
    • Efek obat tertentu.
    • Buruknya kualitas tidur
    • Merokok
    • Kurang istirahat.
    • dll.
    Hingga saat ini belum ada pengobatan migrain yang memuaskan dan akan menghilangkan gangguan migrain secara tuntas. Namun beberapa pendekatan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala Anda dan meningkatkan kualitas hidup penderita migrain seperti :
    1. obat minum = triptan, cafergot dll.
    2. TMS (Trancranial Magnetic Stimulation) dilakukan jika pengobatan dengan obat minum dirasa kurang efektif.
    3. Hindari cahaya terang dan ruangan yang terlalu bising saat migrain kambuh.
    4. Makan gizi seimbang.
    5. Cukup istirahat.
    6. Berolahraga teratur.
    7. Kelola stress Anda.
    Baca topik Sakit Kepala Migrain. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi