Tanya Dokter

  • Sakit kepala setelah jatuh dari motor

  •  Kharina
    Anggota
    Malam dok, belum lama ini saya kecelakaan motor sekitar 1 bulan lalu kepala saya terbentur aspal dan sampai harus di jahit bagian pelipis kanan, yang saya mau tanya setelah di jahit kepala saya bila di sentuh tidak merasakan respon seperti kulit yg lain dan kalau malam sakit kepala suka kambuh apakah itu bahaya? Terima kasih sebelumnya

    Halo Kharina,terimakasih atas pertanyaan anda.
    Pada kasus anda yang terjadi akibat paska cedera,struktur di kepala terdapat tulang tengkorak,otak,cairan otak,selaput serta pembuluh darah serta banyak saraf. Saat anda terjadi trauma,seluruh struktur ini dapat terkena,tergantung seberapa parah trauma yang terjadi. Trauma kepala adalah cedera pada otak/struktur kepala yang disebabkan oleh benturan pada kepala,dikarenakan hantaman dari luar. Gejala yang didapat saat trauma kepala:
    1. Pusing
    2. Sakit kepala
    3. Mual dan muntah
    4. Penurunan kesadaran
    5. Pandangan kabur
    Sangat disarankan jika anda sudah mendapatkan penanganan yaitu penjahitan di bagian pelipis kanan,tetapi belum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti Ct scan /MRI kepala,anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter terkait untuk berkomunikasi mengenai keluhan anda,terutama jika anda mengeluh tidak terasanya kulit bagian jahitan,serta sering sakit kepala. Berikut adalah penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Istirahat cukup
    2. Mengamati gejala-gejala yang anda rasakan,sehingga dapat berkomunikasi dengan dokte rmengenai gejala anda
    3. Makan makanan bergizi
    4. Membatasi aktifitas
    5. Tidak melakukan kegiatan yang terlalu berat
    6. Rajin berkontrol paska jahitan maupun untuk pemeriksaan tambahan
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen