Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala disertai mata kiri tertutup dan telinga berdenging

  •  saadtay
    Anggota

    selamat malam dok, bapak saya 2 minggu belakangan ini sering pusing disertakan telinga yang dengung, jika telinga nya dengung pusingnya datang katanya seperti berputar putar. barusan saya antarkan periksa ke dokter tht katanya ada rumah siputnya yang bengkak. kondisi bapak saya saat ini sedikit pelo kalo ngomong kemudian bibirnya sedikit kebawah yg kanan, dan kalo pusing selalu mata kiri nya yg tertutup seperti orang terkena stroke. apakah harus diantarkan ke dokter saraf atau gimana ya dok?

    Halo saadtay.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh bapak Anda kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai bell's palsy, yaitu kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu Sisi otot wajah yang bersifat sementara. Kondisi ini menyebabkan salah satu Sisi udara wajah akan terlihat melorot.

    Gejala - gejala bell's palsy yang umumnya dapat terjadi diantaranya adalah : berdenging di salah satu telinga atau keduanya, sakit kepala dan pusing, penurunan atau perubahan pada Indra Perasa, telinga yang terpengaruh akan lebih sensitif terhadap suara, kesulitan untuk makan/ minum/ berbicara, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk membawa bapak Anda menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar bapak Anda dapat dilakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Jika memang terdiagnosa sebagai bell's palsy maka sebenarnya hal ini dapat kembali pulih sepenuhnya ( umumnya pada 70% pasien yang mengalami ). Pada sebagian besar orang yang menderita, gejala mulai membaik setelah dua minggu atau tiga minggu. Tapi untuk bisa pulih sepenuhnya akan membutuhkan sekitar kurang lebih sembilan bulan. Lama masa pemulihan tergantung pada tingkat kerusakan saraf yang diderita.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati