Tanya Dokter

  • solusi untuk sakit kepala tegang setelah bangun tidur

  • saya rochadi, mahasiswa arsitektur usia 22 tahun. kebiasaan sbg mahasiswa arsi dengan konsumsi tugas yg banyak membuat pola tidur dan makan sedikit terganggu.

    terhitung sudah 3 hari saya terjaga mulai jam 18.00 hingga 5.30. setelah itu baru istirahat hingga jam 9.30. dan beraktivitas di kampus seperti bisasa. yang jadi masalah ialah 3 hari ini saya menderita sakit kepala tegang selama 3 hari berturut2.

    yg saya tanyakan adalah doagnosa apakah yg saya derita ? dan bagaimana solusinya ?

    terimakasih . rochadimahalalita0110@gmail.com 085706787476

    Halo Rochadi......... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami kemungkinan memang ke arah sakit kepala tegang, dimana jenis sakit kepala ini paling umum terjadi dan penderitanya dapat merasakan sakit kepala yang nyeri secara terus - menerus pada kedua sisi kepala. Sakit kepala tegang sendiri dapat juga disertai dengan timbulnya tekanan di belakang bola mata dan juga timbul rasa tegang di leher yang biasanya menjalar ke pundak. Penyebab dari sakit kepala tegang diantaranya adalah : kurang tidur, kelaparan, dehidrasi, stress psikologis, kurang istirahat setelah bekerja keras, postur tubuh yang buruk, kelelahan, dsb. Atasilah keadaan ini dengan cara : konsumsi obat pereda rasa sakit misalnya ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda, makan dan minum yang cukup, tidur dan istirahat yang cukup. Solusi yang terbaik untuk mencegah sakit kepala tegang kembali terulang adalah dengan cara menjalani pola hidup sehat, yaitu : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur minimal 8 jam, istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras, kelola stress psikologis. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : SAKIT KEPALA TEGANG Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati