Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi sakit kepala terus menerus

  •  Yuni Muryatie
    Anggota
    Salam dok. Suami saya sering mengalami sakit kepala, dan biasanya sembuh hanya dgn mengkonsumsi obat sakit kepala yg dijual bebas di pasaran. Namun bbrp hari ini sakit kepala terjadi terus menerus dan biasanya menyerang pada malam hari sampai subuh atau pagi. Sakit kepala terjadi di bagian brlakang kepala sampai dgn leher. Apa yg sebaiknya kami lakukan, ke dokter apa dan haruskah melakukan MRI atau cr scan ?

    Halo,

    Sakit kepala terus-menerus atau kronis, juga bisa disebut sebagai sakit kepala berkepanjangan. Ciri dari munculnya kondisi ini adalah sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut.

    Beberapa jenis sakit kepala terus menerus adalah:

    • Sakit kepala tegang kronis. Disertai dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala.
    • Migrain kronis, disertai gejala berupa sakit kepala pada satu atau dua sisi kepala, sensasi berdenyut, dan kemungkinan menyebabkan rasa sakit menengah sampai sakit luar biasa. Selain itu disertai dengan keluhan  mual, muntah, dan sensitif terhadap suara serta cahaya.
    • Hemicrania continua, gejalanya berupa sakit kepala di salah satu sisi kepala, tiap hari secara terus-menerus dengan intensitas yang naik turun, mata berair atau merah pada sisi yang terasa sakit, hidung tersumbat atau berair, menurunnya kelopak mata atau pembesaran pupil mata dan merasa lelah.
    • Sindrom pascatrauma
    • Sakit kepala karena usia

    Untuk mengatasi sakit kepala terus-menerus, perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan wawanccara medis terpadu, pemeriksaan riwayat kesehatan, dan tes medis penunjang seperti CT-Scan atau MRI, jika dokter merasa penyebabnya belum jelas.

    Hal yang dapat dilakukan adalah tetap menjaga pola hidup sehat dengan istirahat cukup, konsumsi makanan bernutrisi, batasi konsumsi kafein, hindari merokok, cukupi asupan air putih, dan olahraga rutin ringan.

    Semoga membantu,

    dr. Theresia