Tanya Dokter

  • penyebab sakit kepala terutama saat terkena sinar matahari

  • Gmn saya bs mengatasi sakit kepala saya.. karena tiap berada diruang udara yg kana panas matahari, otak kepala saya seketika nyut" kyak bergerak besar kecil.? Tolong djawab yaaa dong. Pleas

    Hai Nietha, Pada saat terpapar oleh suhu panas maka secara normal tubuh akan merespon kondisi ini dengan terjadinya pelebaran pembuluh darah (istilah medisnya adalah vasodilatasi). Vasodilatasi terjadi pula pada pembuluh darah di dalam kepala, sehingga kondisi ini dapat memicu timbulnya sakit kepala. Hal inilah yang menyebabkan Anda sering mengalami sakit kepala pada saat berada di ruangan yang panas. Untuk menghindari hal ini tentunya tindakan pencegahan paling baik, yaitu dengan menghindari paparan panas yang berlebihan. Paparan sinar matahari yang terik dapat pula memicu sakit kepala sehingga sebaiknya dihindari. Selain itu menjaga pola makan yang baik (makan teratur, jangan terlambat makan, minum cukup air putih minimal 2 liter sehari), istirahat dan tidur yang cukup, serta meminimalisir stres juga dianjurkan untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Bila sakit kepala terasa mengganggu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat. Sakit kepala pada dasarnya dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis berikut ini:

    1. Sakit kepala tegang (sakit kepala di mana kepala terasa seperti terikat atau tertekan, disertai dengan ketegangan otot leher atau tekanan di belakang mata)
    2. Migrain (sakit kepala pada satu sisi kepala, umumnya disertai dengan sensitivitas terhadap cahaya dan suara, mual dan muntah)
    3. Sakit kepala cluster (serangan sakit kepala yang menyebar ke salah satu mata, dapat disertai dengan hidung tersumbat, mata merah dan berair)
    4. Adanya kondisi medis yang mendasari (sinusitis, glaukoma, infeksi telinga, sakit gigi, gangguan pembuluh darah otak, tumor otak)
    5. dan sebagainya
    Jika keluhan terus-menerus berlanjut ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk menelusuri kemungkinan adanya penyebabnya lain yang mendasari. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah, CT Scan dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Informasi berikut ini dapat berguna: Sakit kepala Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman