Tanya Dokter

  • penyebab sakit kepala hebat dan cara mengobatinya

  • Dok. Sya dian umr 18 .ngak tau knpa kepala saya sering sakit kalau sakitnya dtg sumpah serasa ingin mati ..klau skitnya dtg slalunya obt* yg di mnum cman mempan 1 hri bsoknya lagi psti skit kplanya sembuh ?! It knpa bsa trjdi yah dok apa kah it bsa smbuh ?

    Halo Dian,   Sakit kepala sudah berapa lama Anda rasakan? Semakin lama apakah intensitas sakit kepala semakin kuat? Jika kuat nyeri dibagi menjadi angka 1-10 berapa angka yang menggambarkan nyeri Anda (1 = sedikit nyeri - 10 = nyeri sekali)? Karena bervariasinya penyebab nyeri kepala, maka untuk mengetahui penyebab keluhan nyeri kepala Anda diperlukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti CT SCAN dan MRI serta Angiografi jika perlu. Beberapa kemungkinan penyebab nyeri kepala antara lain adalah :

    • Sakit kepala tegang = sakit kepala yang terasa berat dan bisa menjalar ke leher dan punggung yang sering diakibatkan karena stress, pola makan yang buruk, postur tubuh yang buruk, kelelahan, dll.
    • Sakit kepala migraine = sakit kepala 1 sisi yang bisa berganti dan berpindah tempat terasa seperti sakit kepala berdenyut.
    • Sakit kepala akibat indikasi medis lain seperti :
    1. Tumor kepala
    2. Aneurisma
    3. Kanker otak
    4. Sleep apnea = gangguan tidur dimana pasien mengalami kesulitan bernafas saat tidur menyebabkan kondisi saat bangun menjadi tidak fit dan bisa menimbulkan gangguan sakit kepala kronis dan keluhan lain.
    5. Gangguan mata
    6. Cedera kepala
    7. Gangguan pembuluh darah
    8. Penyumbatan pembuluh darah
    9. Perdarahan otak
    10. Meningitis
    11. dll.
    Pemeriksaan fisik dan tes medis diatas bisa mengetahui dengan pasti penyebba dari Nyeri kepala Anda. Dengan mengetahui penyebab keluhan Anda maka pengobatan bisa diberian secara tepat. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana seperti :
    1. Atur pola makan yang baik. Jangan diet berlebih.
    2. Istirahat cukup.
    3. Olahraga teratur.
    4. Banyak minum air putih.
    5. Kelola stress dengan baik.
    6. Relaksasi = massage, yoga, berlibur dll.
    7. Mengatur postur tubuh yang baik dan benar.
    8. Minum obat pereda nyeri jika perlu.
    Baca topik Sakit kepala. Semoga membantu.   dr. Yusi