Tanya Dokter

  • Sakit kepala dan pegal di leher

  •  nia andani
    Anggota
    Sinang dok.. saya nia umur 24th. Mau tanya nih dok sy sdh 1 minggu ini mengalami sakit kepala belakang rasanya sprti keram dan tak ada rasa. Sakit dan pegal di leher belakang. Pdhl sdh berobat tp gak sembuh2. Trs juga sy pny riwayat sakit gigi krn gigi sy bolong bagian belakang atau geraham bungsu. Kalau kumat itu sakit bgt rasanya kepala sy mau pecah terus ke mata juga sakit. Trs jg sy punya minus di mata. Apa itu efek dr keduanya atau gimana yaa. Sebenernya sih sakit ya udh lama cuma baru minggu2 ini terasa lagi. . Terimakasih sebelumnya

    Selamat malam Nia Andani,

    Gigi berlubang dan akan tumbuhnya gigi graham bungsu tentu merupakan salah satu faktor dari penyebab sakit kepala.

    Gigi yang berlubang disebabkan karena kebersihan mulut dan gigi kurang terjaga, biasanya plak sisa makanan mengendap di gigi dan menyebabkan bakteri dalam sisa makanan dapat membuat gigi berlubang. Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dapat menyebar ke jaringan tubuh lain selain itu, gigi yang berlubang dapat menyebabkan abses atau kumpulan nanah di daerah itu. Sakit yang timbul juga membuat konsentrasi penderita gigi berlubang terganggu, bahkan sulit tidur dan sulit makan juga dapat menyertai.
     
    Sedangkan, gigi bungsu atau biasaya disebut wisdom teeth merupakan gigi ke-28 manusia yang tumbuhnya paling akhir, biasanya muncul di akhir usia belasan tahun sampai awal usia dua puluh tahunan. Tumbuh gigi bungsu ini kerap menimbulkan banyak masalah, salah satunya bengkak dan nyeri hebat. Gigi ini biasanya timbul dengan posisi yang tidak benar seperti tiduran, atau mendorong gigi geraham depannya. Selain bengkak dan nyeri, gigi bungsu ini juga dapat tumbuh tidak sempurna dan menyebabkan timbunan plak yang menyebabkan gigi bolong.
     
    Mata minus atau rabun jauh adalah kondisi dimana Anda tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Kondisi ini memiliki nama medis miopia. Hal ini terjadi bila bayangan jatuh tidak tepat diretina melainkan didepan retina sehingga benda yang dilihat tidak dapat dilihat dengan jelas. Bayangan jatuh didepan retina ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kornea mata yang terlalu cembung atau ukuran bola mata yang terlalu panjang. Jika mata minus tidak dikoreksi dengan baik, atau kacamata yang dipakai sudah tidak sesuai dengan minus mata tentu juga dapat membuat pusing.
     
    Sedangkan sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hal lain, seperti:
    1. sakit kepala tegang atau tension type headacheini adalah sakit kepala yang paling sering dirasakan, ini disebabkan karena kontraksi otot di kepala dan leher. Sakit kepala ini termasuk sakit kepala kronik. Yang dirasakan biasanya sakit tumpul pada sekitar dahi dan kulit kepala.
    2. migrain: nyeri kepala yang dirasakan berdenyut di salah satu sisi kepala atau kedua sisi kepala.
    3. sakit kepala cluster: sakit kepala jenis ini biasanya terasa sangat sakit dan biasanya tidak berlangsung lama tetapi dapat berulang, biasanya daerah mata adalah daerah yang sering terasa sakit.

     

     

    Untuk mengurangi sakit kepalanya Anda dapat minum obat penahan sakit seperti parasetamol. Sedangkan untuk mencegah berulangnya sakit kepala, dapat lakukan langkah-langkah di bawah ini:
    • kelola stress
    • berolahraga rutin 3-5 kali seminggu selama 30-45 menit per kali
    • minum air putih yang cukup
    • makan makanan bergizi
    • hindari makanan berlemak dan cepat saji
    • istirahat yang cukup
    • periksakan gigi ke dokter gigi
    • periksakan mata ke dokter mata untuk mendapatkan kaca mata dengan koreksi yang tepat
    •  
       
      Semoga membantu,
       
      dr. Natasha