Tanya Dokter

  • sakit ketika berhubungan intim

  •  seorangwanita
    Anggota

    Siang, Dok.. Saya sudah menikah. Mau tanya. Kenapa suami saya masih sulit untuk melakukan penetrasi sepenuhnya? Ini sudah percobaan ketiga kalinya bagi kami untuk berhubungan. Saat berhubungan, vagina saya masih mengeluarkan darah yg cukup banyak dan penis suami sulit untuk menembus dan penetrasi seperti masih terhalang, dan ketika mencoba penetrasi saya masih merasakan sakit yg luar biasa. Apakah hymen saya sudah robek sepenuhnya atau belum? Seberapa tebal hymen normal? Dan sehari sampai dua hari setelah berhubungan vagina saya masih tetasa hangat dan agak membengkak. Apakah wajar itu, Dok? Ketika berhubungan, karena merasa sakit kami isirahat dulu sebentar. Tetapi ketika ingin mencoba lagi, gairah saya seakan turun. Karena saya tidak merasakan setiap sentuhan2 di daerah sensitif saya. Apa yg menyebabkan seperti itu dan apakah wajar seperti itu, Dok? Terimakasih.

    Hai Penyebab nyeri saat berhubungan, antara lain:

    • Kurangnya lubrikasi/pelumas pada dinding vagina. Pada keadaan terangsang, vagina wanita dapat mengeluarkan pelumas untuk melicinkan dinding vagina sehingga memudahkan penis masuk dan tidak menyebabkan lecet pada dinding vagina akiba gesekan penis. Untuk agar wanita terangsang diperlukan hubungan intim yang berkualitas, dimana tidak ada perasaan cemas, saling menikmati dan juga foreplay (pemanasan) yang cukup sebelum masuknya penis. Pemanasan dapat dilakukan seperti berciuman dan berpelukan. Ini adalah penyebab paling sering sakit saat berhubungan intim terutama pada pasangan yang baru menikah.
    • Vaginismus. Dimana vagina mengalami kontraksi (merapat) secara tidak sadar. Paling sering disebabkan oleh perasaan cemas dibawah sadar saat berhubungan.
    • Cedera pada vagina.
    • Infeksi, biasanya disertai gejala seperti keputihan.
    • Gangguan pada organ reproduksi, misal endometriosis, miom rahim, kista ovarium, dll.
    Pada saat berhubungan intim, himen atau selaput dara tidak selalu terjadi robekan, misal karena himen yang elastis. Untuk memastikannya sebaiknya Anda ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada vagina Anda. Berikut tips agar tidak sakit saat berhubungan intim dari alodokter.com: Menikmati hubungan intim tanpa rasa sakit. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william