Tanya Dokter

  • Sakit lambung hingga ingin pingsan

  •  intan roro
    Anggota
    selamat pagi dok,, sya intan, mau tanya dok, dari kelas 6 SD sya udh ada sakit mag, kata dokter sudah parah, katanya lambung bengkak, tiap hari sya suka minum kopi dok, bahkan sehari kadang 2x. tp tidak ada msalah apa apa, tp suatu ketika lambungnya sakit kadang mpe pingsan dok sangkin sakitnya, pdahal sya ingat beberapa hari tidk minum kopi. sbenrnya apa emg lambung saya sudah parah atau masih ringan tingkatanya.. mhon di jwab dok, trimaksh..

    Haii Intan,

    Sakit maag adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada kondisi yang dalam istilah medis dikenal dengan sindrom dispepsia. 

    Sindrom dispepsia itu sendiri merupakan kumpulan gejala ketidaknyamanan pada perut seperti perih ulu hati, sensasi mudah kenyang, mual/muntah, rasa penuh setelah makan. Penyebab sindrom itu sendiri beragam diantaranya:

    • peradangan lambung
    • tukak lambung
    • infeksi bakteri H. pylori
    • gaya hidup : merokok, konsumsi alkohol/kafein
    • konsumsi obat NSAID jangka panjang
    • masalah psikis(cemas, stres, panik)

    Terkait dengan yang Anda ceritakan, memang benar kopi dapat mengiritasi lapisan lambung terutama bila dikonsumsi secara berlebihan. Dengan kata lain, kopi dapat memicu sindrom dispepsia. 

    Di sisi lain, respon nyeri merupakan salah satu stimulus terjadinya pingsan (sinkope). Tingkat rasa nyeri tidak selalu dapat digunakan untuk menilai parah tidaknya kondisi yang dialami seseorang. Hal ini oleh karena kita tahu bahwa ambang nyeri setiap orang berbeda-beda. Lagipula, kondisi yang Anda alami belum dapat kita tentukan sebabnya. Bila kondisi tersebut sering kali Anda alami, saran saya datanglah ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk meminta opini, apakah Anda memerlukan pemeriksaan lanjutan (seperti endoskopi) ataukah tidak. Pemeriksaan lanjutan tersebut berguna untuk melihat kondisi yang mungkin terjadi dalam saluran pencernaan Anda. 

    Untuk saat ini, hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencegah datangnya "sakit maag" tersebut yakni dengan mengurangi pencetus-pencetusnya seperti yang telah dipaparkan di atas.

    Demikian semoga membantu

    Terima kasih