Tanya Dokter

  • Tips untuk mencegah sakit maag?

  •  nurvina
    Anggota

    Halo komunitas alodokter. gw nurvina. slama kenal yaaaaa. mo share and minta tips nih. gw sering banget sakit maag. terutama dalam masa puasa ini nih. kalian ngapain aja biar maag nya gak kambuh?? thaaanx semuanya!

    nurvina  yunika
    Anggota

    Hi. Nama gw Yunika. gw juga suka sakit maag. Kalo sakit pasti perlu minum obat karna kalo nggak bakal ganggu aktivitas gw sehari-hari di kantor. Gw kalo sakit maag minum obat antacid aja uda cukup sih. bisa langsung beli di apotik. Kalo buat cegah, gw jaga porsi makan. Porsi yang besar gw hindarin banget. terutama pas buka puasa. Tiap kali porsi makan gw gede, maagnya kambuh. Gw jg ga tiduran habis makan. jalan ato paling duduk. gw juga jaga makan. yg pedes2 ga boleh terlalu banyak. kopi jg suka bikin gw sakit maag jd jarang ngopi nih gw. itu aja siih paling. moga2 bantu yah. minum obat maag nya secara teratur yah jadi efektif.

    nurvina  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Anggota Forum Alodokter Berikut adalah tips-tips untuk mencegah terjadinya maag. Saya harap dapat membantu.

    1. Pastikan ada jarak paling kurang 2 jam antara selesai makan dengan tidur. Ini supaya ada waktu yang cukup untuk sistem pencernaan Anda menyerap makanan yang baru dimakan sehingga perut pun kosong saat Anda tidur. Perut yang kosong berarti asam lambung tidak lagi diproduksi oleh perut sehingga tidak menyebabkan maag atau naiknya asam lambung saat Anda tidur.
    2. Berhenti merokok dan menjauhi minuman keras
    3. Menjauhi beberapa makanan dan minuman berkafein. Makanan yang dapat memicu sakit maag atau naiknya asam lambung adalah jus jeruk nipis, lemon atau bahkan jeruk, coklat, bawang bombai dan cabe.
    4. Jika berlebihan berat badan, mengurangi nya juga dapat mencegah terjadinya maag dan naiknya asam lambung.
    5. Beberapa porsi makan yang kecil lebih baik daripada satu porsi makan yang besar. Porsi makan yang terlalu besar dapat memicu perut memproduksi terlalu banyak asam lambung yang bisa naik atau menyebabkan maag.
    6. Makan secara perlahan-lahan juga mencegah maag karena waktu yang cukup diperlukan bagi lambung untuk mencerna makanan.
    7. Memakai pakaian yang terlalu ketat juga dapat memicu naiknya asam lambung jadi perhatikanlah agar pakaian yang Anda pakai cukup leluasa.
      Agar Anda dapat lebih mengenali pemicu sakit maag Anda, Anda bisa mencoba untuk menulis diari untuk mencatat apa saja yang Anda sedang lakukan sebelum atau saat sakit maag itu muncul. Dengan demikian, Anda dapat mencegahnya di masa yang akan datang. Semoga membantu. Dr Liyadi Alodokter

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.