Tanya Dokter

  • Hubungan telat haid dengan kambuhnya sakit maag

  •  Maria Zaqiah
    Anggota

    Ass dok saya mau tanya saya punya penyakit maag skrng lagi kambuh dada sakit , ulu hati sakit , mual dan muntah cairan berwarna kuning saya udh periksa ke dokter dikasih obat dan sekarang sudah habis tetapi masih sering mual dan muntah dan setiap bagun tidur leher saya sakit dan saya telat haid apa itu bisa bersangkutan dok ?

    Hai, Mual muntah tersebut dapat disebabkan oleh gangguan lambung, seperti penyakit refluks asam lambung. Gejalanya seperti nyeri di ulu hati, rasa terbakar atau panas di dada, susah menelan, maupun mulut yang terasa asam atau pahit. Gaya hidup, seperti kurang istirahat, kondisi stres, maupun gangguan makan atau pola makan yang buruk, dapat berpengaruh pada menstruasi yang terjadi. Selain itu, menstruasi yang terlambat juga dapat disebabkan oleh:

    • sindrom ovarium polikistik
    • gangguan kelenjar tiroid
    • penggunaan kontrasepsi
    • kehamilan
    Usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur. Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, atau berlemak. Lebih baik makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering. Tidak langsung berbaring setelah makan. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Batasi kafein/ alkohol, tidak merokok. Hindari stres. Jika gejala belum membaik, sebaiknya Anda periksa ke dokter kembali. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengetahui riwayat sebelumnya. Tes penunjang seperti USG atau endoskopi, dapat dilakukan untuk membantu mengetahui penyebab medis yang mendasari. Sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.     Semoga bermanfaat, dr. Jessica