Tanya Dokter

  • sakit maag sampai ke kepala

  • hai dok erliya mau tanya, kalau punya sakit maag tetapi dibagian kepala belakang sering sakit kenapa dok, kadang sakitnya suka berlebihan di kepala belakang, kenapa dok?apa ada penyakit maag sampai ke syaraf otak dok? :')

    Hai, Gejala sakit maag biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman atau perih di daerah ulu hati. Selain itu juga dapat mengalami mual, kembung, atau dada terasa panas. Sakit maag lebih berhubungan dengan masalah pencernaan, bukan pada saraf otak. Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh:

    • sakit kepala tegang, misalnya karena stres, lapar, terpapar sinar matahari yang terik
    • infeksi gigi atau telinga
    • gangguan pembuluh darah di otak
    • perubahan hormon pada wanita
    • menggunakan penutup kepala terlalu ketat, misalnya helm
    Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca Penyebab sakit kepala. Usahakan untuk memiliki pola makan teratur. Jika terlambat makan, maka dapat meningkatkan asam lambung sehingga perut terasa perih dan juga sakit kepala. Hindari konsumsi makanan yang dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan seperti asam atau pedas. Batasi kafein, minuman bersoda, dan tidak merokok. Selain itu miliki waktu istirahat yang cukup dan dapat mengelola stres dengan baik. Jika keluhan masih berlanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya dan tes penunjang yang diperlukan seperti tes darah, CT scan/ MRI, maka dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan yang tepat diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    Selamat malam dok,saya mengalami sama persis dengan mb erliya,sakit kepala bagian belakang dan telinga bagian bawah,tadi saya periksa ke dokter umum di salah satu rumah sakit disini dokter tsb mengatakan dari sakit maag..bagaimana dok?apakah saya harus melakukan ct scan dll??mohon jawabannya..makasih ya dok..