Tanya Dokter

  • Dampak dari penyakit mata

  • assalamualaikum dok,  apakah mata yang sudah tidak berfungsi masih dapat merasakan sakit? misalnya saat terciprat air jeruk atau tetes mata.

    Terima kasih Siti Romlah Al Umami atas pertanyaannya di forum Alodokter, mata merupakan indra penglihatan yang biasanya merupakan indra yang paling diperhatikan banyak orang. Gangguan penglihatan pada mata dapat disebabkan oleh banyak keadaan, dimana secara umum disebabkan oleh keadaan seperti:
    - kondisi infeksi
    - trauma
    - gangguan saraf penglihatan
    - gangguan pada lensa mata
    - dll

    Namun perlu diketahui sekalipun saraf penglihatan pada mata mengalami gangguan, namun saraf yang mengatur perasaan rasa sakit pada mata belum tentu ikut mengalami gangguan pula, sebab saraf yang mengatur penglihatan berebeda dengan saraf yang mengatur rasa sakit pada mata. Untuk itulah hal dimana terdapatnya gangguan pada penglihatan juga dapat tetap timbul rasa nyeri bila terkena sesuatu benda yang dapat menimbulkan iritasi pada mata. Oleh sebab itu, bila nyeri pada sangat mengganggu Saudari juga tetap dapat berkonsultasi ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan terkait seputar keadaan ini.

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra