Tanya Dokter

  • Mata perih, demam, dan pengobatan dari dokter

  •  Iztry
    Anggota
    maaf dok, saya mau tanya... jumat kemaren saya kena konjungtivitis mata sebelah kiri, sy beli obat diapotek dikasih obat ttes "cendo citrol"...minggunya saya kena demam pusing dan tenggorokan sakit buat menelan, sy priksakan ke dokter umum trus diganti obatnya, dikasih obat tetes inmatrol, ibuprofen, amoxilin sama polofar plus,hari senin agak mendingan, hari selasa mata kanan saya tertular, trus sekarang hari rabu mata saya makin perih, demam lagi, pusing dan tenggorokan semakin sakit buat menelan... pertanyaan saya sebaiknya obat saya teruskan apa gimana ya dok?? terimakasih sebelumnya

    Haii Iztry,

    Dua kondisi yang Anda alami, mata merah dan radang tenggorokan/radang amandel (demam, pusing, sakit menalan) tampaknya merupakan kondisi berbeda, namun bisa saja mikroorganisme penyebabnya sama. Konjungtivitis sendiri merupakan peradangan pada konjungtiva yang dapat terjadi akibat infeksi bakteri, virus, maupun alergi. Gejalanya berupa mata merah, dengan/tanpa belekan, dapat disertai/tidak rasa gatal. Penglihatan umumnya tidak terganggu. Pada konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri, umumnya belekan cukup banyak dan lengket terutama pagi hari. Tetes mata berupa cendo xi*rol maupun inmat*ol merupakan tetes mata yang mengandung antibiotika dan kortikosteroid, digunakan untuk pengobatan konjungtivitis, radang kornea, radang uvea, dsb. Dengan begitu, tampaknya dokter Anda mencurigai Anda mengalami suatu peradangan di bagian mata (baik konjungtivitis atau yang lainnya) akibat bakteri.

    Perlu juga Anda ketahui bahwa mata merah tidak selalu terdiagnosis sebagai konjungtivitis. Mata merah yang disertai rasa perih, silau merupakan gejala umum peradangan pada kornea atau uvea. Mata merah juga dapat merupakan cerminan dari peningkatan tekanan bola mata. Beberapa penyakit tersebut umumnya mengakibatkan penglihatan menurun. Adapula peradangan mata yang dikenal sebagai skleritis dan episkleritis. Kedua bentuk peradangan ini menimbulkan mata merah, penglihatan normal, namun tanpa kotoran mata (belekan), dan terasa sakit ringan-berat.

    Terkait mata merah yang kini Anda keluhkan perih, ada baiknya ada berkonsultasi kembali pada dokter untuk pemilihan obat yang tepat. Bisa jadi mata kanan Anda bukan mengalami konjungtivitis, melainkan keratititis atau peradangan lainnnya. Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk membedakannya agar pemberian obat dapat dilakukan dengan tepat. Mata merah karena iritasi debu atau zat tertentu juga dapat menimbulkan gejala perih atau mata kering. Untuk perawatan di rumah, hindari menggosok-gosok mata, ingat selalu cuci tangan setelah menyentuh mata yang sakit, bila Anda menggunakan lensa kontak sebaiknya jangan digunakan sebelum mata Anda sembuh, dan bila perlu gunakan kacamata bila bepergian untuk mengurangi paparan polusi. Bersihkan kotoran mata (bila ada) dengan kapas yang dibasahi air hangat atau sampho bayi.

    Terkait keluhan radang tenggorok/amandel, teruskan pil yang diberikan terutama antibiotika harus Anda habiskan. Kurangi makanan yang iritatif (terutama yang tinggi penguat rasa atau bumbu tidak sehat). Bila keluhan juga tidak kunjung membaik, konsultasikanlah kembali berbarengan dengan keluhan mata merah yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat, dr. Yoni Cahyati