Tanya Dokter

  • migren tak tertahan

  • saya sering sakit klah sebelah kadang rasanya gx tertahan ah itu nyebab atau gejala vertigo sentral lo iya what yg saya lakukn n makanan a yg hrus sya hindari....??

    Hai, Vertigo merupakan suatu gejala dimana Anda merasakan diri Anda atau lingkungan Anda seperti berputar. Vertigo dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan penyebabnya, yaitu :

    1. Vertigo sentral - yaitu vertigo yang diakibatkan oleh adanya kelainan pada susunan sistem saraf pusat dan saraf pengatur keseimbangan dan pendengaran
    2. Vertigo perifer - diakibatkan oleh adanya kelainan pada alat-alat pengatur keseimbangan di dalam telinga
    Gejala vertigo sentral biasanya jauh lebih berat jika dibandingkan dengan vertigo perifer. Berikut merupakan gejala-gejala yang mungkin Anda alami jika Anda menderita vertigo :
    • sakit kepala seperti berputar
    • kehilangan keseimbangan sehingga sulit berjalan
    • mual muntah
    • rasa penuh pada telinga
    • rasa berdenging pada telinga
    • kehilangan pendengaran
    • dan lainnya
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai vertigo Anda dapat membuka halaman berikit : vertigo Jika tipe sakit kepala yang Anda alami dirasakan pada satu bagian kepala, berikut merupakan jenis sakit kepala yang sering dikeluhkan terasa pada satu sisi kepala :
    1. Migrain - rasa nyeri seperti berdenyut yang hebat, dirasakan pada satu sisi kepala atau kepala bagian depan. Sering disertai mual muntah dan gejala aural seperti penglihatan silau. Untuk membaca lebih lengkap Anda dapat membuka halaman ini : migrain
    2. Sakit kepala cluster - nyeri sangat hebat di satu sisi kepala kadang disertai dengan nyeri di sekitar satu mata. Muncul 1-3 kali dalam sehari dan hilang-timbul berminggu-minggu sebelum akhirnya mereda.
    Untuk mengetahui lebih pasti mengenai penyebab sakit kepala yang Anda alami Anda dapat bertemu langsung dengan dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk membantu meringankan sakit kepala yang Anda alami :
    1. Mencatat pemicu datangnya sakit kepala dan menghindari faktor tersebut
    2. Tidur dengan pola teratur
    3. Makan dan minum yang cukup
    4. Hindari konsumsi alkohol
    5. Konsumsi vitamin dan suplemen
    6. Untuk membantu meredakan rasa nyeri Anda dapat membeli obat pereda rasa nyeri yang dijual bebas di apotek seperti parasetamol
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.