Tanya Dokter

  • Nyeri pada paha sampai lutut

  •  rizkatriayu
    Anggota
    selamat malam dok . saat ini saya umur 19th , akhir2 ini saya mengalami sakit nyeri (seperti berat) tepatnya di paha (atas lutut , dan belakang lutut) . jika sedang duduk lama atas lutut terasa berat sekali dan tidak nyaman . begitu juga dengan berdiri . di paha bawah sekitar lutut selalu nyeri hingga ke belakang . mohon penjelasannya mengenai ini dok , dan apa saran yang harus saya lakukan?

    Halo rizkiatriayu......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada paha, paling sering diakibatkan oleh karena nyeri otot atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai myalgia. Nyeri otot sendiri dapat dirasakan pada bagian manapun di tubuh yang memiliki jaringan otot

    Penyebab dari munculnya gardan ini diantaranya adalah : otot yang terkilir atau cedera, terlalu memaksakan otot saat beraktivitas fisik secara berlebihan - cepat -dan terlalu sering, ketegangan atau stress.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : darmatomiositis, gangguan kesehatan pada saraf tulang belakang, adanya suatu infeksi pada tubuh, reumatoid artritis, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Jika masih terasa sakit, minum obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi trhdap tubuh Anda.
    • Kompres lah bagian yang sakit dengan air hangat atau air dingin selama kurang lebih tiga hari.
    • Pijat lembut bagian yang sakit.
    • Tidur dan istirahatlah yang cukup.
    • Kelola stress psikologis.
    • Selalu usahakan beraktivitas akan tetapi jangan terlalu dipaksakan dan jangan berlebihan.

     

    Apabila setelah melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan menDiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati