Tanya Dokter

  • Sakit kepala bagian belakang

  •  Tikha Fatikha
    Anggota

    Assalamu.alaikum bapak dokter

    maaf sblm nya saya ingin bertanya, 2 minggu ini kepala belakang bagian bawah saya nyeri hebat, berasa mual ingin muntah

    seminggu yg lalu sudah saya berobat ke dokter, ktanya itu tdk bahaya

    tp sampai saat ini blm reda, masih nyeri hebat di kepala belakang bagian bawah, berasa mual dan sesekali merasa sdh mau muntah

    tidak nyaman krna kepala belakang bawah jd terasa berat, pusing, mual

     

    apakah itu bahaya bapak? 
    terimakasih 

     

    Halo Tikha......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada kepala bagian belakangan, paling sering disebabkan oleh karena sakit kepala jenis sakit kepala tegang, dimana sakit kepala jenis ini sering disertai dengan rasa kaku dari leher bagian bawah sampai dengan pundak, dan juga timbulnya rasa tekanan di belakang bola mata.

    Sakit kepala jenis sakit kepala tegang umumnya dipicu oleh karena gangguan psikologis seperti stres, gangguan kecemasan, depresi, dan lain sebagainya. Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga sering dipicu oleh : tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, kurang tidur, kelaparan, dehidrasi, cuaca panas ataupun dingin, dan lain sebagainya.

    Berikut ini beberapa hal yang juga dapat menyebabkan sakit kepala bagian belakang, diantaranya adalah : sakit kepala harian kronis, sakit kepala karena beraktivitas fisik, neuralgia oksipital, migrain basilar.

    Oleh karena Anda telah berobat dan hal ini masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit saraf / neurologi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, kelola stress psikologis, tidur dan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, perbanyak makan buah dan sayur, stop merokok dan jangan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : 

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati