Tanya Dokter

  • sakit seperti ditonjok pada dada

  • selamat siang dok,saya mau nanya teman saya sakit  pada bagian dada, pada waktu waktu tertentu dadanya seperti ditonjok,dan kalau ditekan itu sakit,kira-kira itu kenapa ya dok???

    terimakasih

    Hai, Sakit pada bagian dada dapat terjadi di berbagai tempat antara bahu hingga ujung tulang rusuk. Nyeri dada dapat terjadi karena berbagai macam sebab, dari yang ringan hingga yang membutuhkan pertolongan dengan segera. Berikut merupakan beberapa kemungkinan penyebab  nyeri pada dada yang dialami oleh teman Anda :

    1. nyeri otot dada - dapat timbul akibat cedera maupun posisi tubuh / postur yang salah pada saat berkegiatan sehari-hari. Nyeri biasanya memburuk dengan pergerakan dada dan sakit bila ditekan.
    2. efusi pleura - adanya kumpulan cairan diantara kedua lapisan pelapis paru-paru. Sakit memburuk jika menarik nafas dan disertai rasa sesak.
    3. angina dan serangan jantung - akibat sumbatan pembuluh darah yang memperdarahi jantung. Sakit seperi ditekan terutama pada dada sebelah kiri, menjalar ke leher dan tangan kiri, nyeri timbul dipicu kelelahan fisik maupun mental, disertai keringat dingin.
    4. pneumothoraks - adanya udara diantara kedua lapisan luar paru. Gejala disertai sesak nafas.
    5. GERD (gastroesophageal reflux disease) - penyakit asam lambung. Nyeri atau panas seperti terbakar dirasa pada bagian tengah dada dan ulu hati.
    6. batu empedu - batu pada kantung empedu. Nyeri pada dada dan kanan atas perut, hilang timbul, disertai mual muntah dan demam.
    7. mastitis - radang pada payudara. Nyeri pada payudara disertai kemerahan, bengkak, panas pada payudara serta demam.
    8. dan lainnya
    Salah satu nyeri dada yang membutuhkan penanganan dengan segera adalah nyeri dada yang disebabkan karena serangan jantung. Pada saat serangan jantung terjadi, gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas tidak hilang dengan istirahat. Meskipun demikian, jika nyeri dada yang dialami berlangsung terus menerus hingga mengganggu aktivitas, sebaiknya periksakan kondisi secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan riwayat gejala dengan lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti x-ray, rekam jantung (EKG), CT scan, USG, dan lab darah. Penanganan yang sesuai akan diberikan oleh dokter tergantung dari apa yang menjadi penyebab dari keluhan nyeri dada tersebut. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi keluhan :
    1. istirahat yang cukup
    2. makan pada waktu yang teratur
    3. lakukan olahraga ringan secara teratur, seperti berenang, jalan kaki
    4. hindari olahraga berat
    5. konsumsi cukup air putih
    6. jika sakit tidak tertahankan dapat konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek sesuai petunjuk
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari