Tanya Dokter

  • Muncul noda gelap pada bola mata

  •  hanna7594
    Anggota
    dok, kalo di bola mata bagian atas ada noda gelap kecil itu kenapa ya? letaknya dekat syaraf atau pembuluh darah.. nggak inget juga pernah kebentur atau nggak, udah dari lama banget sih sakitnya. sakitnya nggak terus2an. kadang2 aja terasa sakit.. kayak kelilipan, terasa tajam2 dimata
    hanna7594  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Hanna,

    Timbulnya noda gelap pada bola mata dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut :

    • Akibat jaringan parut terkait luka atau trauma
    • Hiperpigmentasi, merupakan kondisi zat warna berlebih yang terkonsentrasi pada bagian tubuh tertentu
    • Pinguekula atau pterigium. Merupakan pertumbuhan berlebih pada konjungtiva (bagian putih) mata
    • dsb

    Sedangkan rasa tidak nyaman atau nyeri pada mata Anda juga dapat disebabkan oleh pinguekula, jaringan parut, pterigium ataupun peradangan pada conjungtiva mata (conjungtivitis).

    Agar mendapat penanganan yang tepat maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda terlebih dahulu kedokter spesialis mata. Umumnya dokter hanya membutuhkan pemeriksaan fisik saja untuk mendiagnosa kondisi Anda.

    Bila keluhan Anda disebabkan oleh pinguekula atau pterigium maka kondisi tersebut umumnya membutuhkan prosedur operasi untuk mengatasinya. Bila disebabkan oleh konjungtivitis maka kondisi tersebut dapat diatasi dengan obat tetes mata untuk mengurangi iritasi ataupun pemberian antibiotik bila terdapat infeksi.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Jangan menggosok atau mengucek kelopak mata
    • Hindari kondisi yang dapat mencetuskan keluhan Anda
    • Anda dapat menggunakan obat tetes mata antiiritasi yang dijual bebas untuk membantu mengatasi keluhan tersebut. Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan Anda menetap atau memburuk
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Pterigium - Konjungtivitis

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono