Tanya Dokter

  • sakit pada perut sebelah kiri bagian bawah pada saat masuk tanggal haid wajar kah?

  •  Neng Arsinah
    Anggota

    saya arsinah, baru kali ini saya merasa kan sakit yg amat sangat pada perut saya sebelah kiri bagian bawah .. biasanya sakit nya tidak sesakit ini pada saat menjelang haid apa itu wajar dok?

    Dear Neng Arsinah, Nyeri yang dirasakan menjelang menstruasi mungkin disebabkan oleh premenstrual syndrome, yang merupakan gejala yang normal terjadi dan bukan merupakan penyakit. Gejala yang dirasakan di antaranya perut kembung dan rasa nyeri perut. Nyeri perut ini masih belum dapat dijelaskan penyebabnya. Intensitas, lama, dan variasi premenstrual syndrome berbeda antara wanita yang satu dengan yang lain. Selain itu, perlu diwaspadai kemungkinan lain untuk nyeri perut kiri bawah menjelang menstruasi ini:

    Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan agar dapat ditemukan penyebab yang paling mungkin. Dokter akan melakukan penelusuran riwayat keluhan secara lebih lengkap dan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dilakukan dokter. Dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan terapi yang sesuai. Berikut tips yang dapat dilakukan:
    • minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • kompres hangat perut Anda
    • hindari kebiasaan menahan keinginan buang air kecil
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter perhari
    • makan makanan bergizi seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
    • kelola stres dengan baik
    • istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    Neng Arsinah  Neng Arsinah
    Anggota

    pada saat tgl 25 kemarin saya ke rs dan kata dokter saya diagnonis sakit thypus dok.. pada saat itu juga saya sedang haid pas di rumah saya mengeluarkan gumpalan darah sebesar kepalan tangan dok apa itu normal dok atau itu bukan haid melainkan keguguran. . tapi saya tidak merasakan tanda" kehamilan sebelumnya karena bulan lalu saya juga haid. .

    Dear Neng Arsinah, Untuk pertanyaan baru, Anda bisa mempostingnya di halaman yang baru. Terima kasih, dr. Rony Wijaya