Tanya Dokter

  • Hubungan nyeri panggul dan hubungan intim

  •  Chan Yuin Fan
    Anggota
    Dok mau tanya apakah sakit panggul bisa menular saat berhubungan intim?mkasi

    Hai Chan,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Tergantung dari apa penyebabnya, nyeri di area panggul tidak selalu menular. Ada banyak kondisi yang bisa memicu nyeri di area panggul, di antaranya yakni:

    Meski kecil kemungkinannya, apabila nyeri yang Anda alami berkaitan dengan infeksi (misalnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual), maka mungkin saja penyebab infeksinya bisa menular ke pasangan seksual Anda.

    Namun, kembali kami tekankan, bahwa untuk menegakkan diagnosis, perlu dilakukan pemeriksaan fisik atau juga penunjang, misalnya rontgen, laboratorium, USG, atau tes urin. 

    Jadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter ya..

    Sebagai langkah awal, Anda bisa meredakan nyeri panggul tersebut dengan kompres air hangat atau konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Tidak lupa, batasi dulu mengangkat barang berat, membungkuk terlalu lama, atau kegiatan lain yang berpotensi menyebabkan cidera panggul. Perbanyak olahraga, tidur di alas yang nyaman, dan juga hindari melakukan hubungan seksual berisiko, misalnya bergonta-ganti pasangan seksual, berhubungan seks dengan PSK atau orang yang tidak jelas riwayat seksualnya. 

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah