Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri punggung sebelah kanan

  •  nindiqueen
    Anggota
    halo dok. saya akan bercerita keluhan saya bbrp hari ini. saya br berumur 17taun, lalu setelah haid kira kira 4hari yang lalu sy merasa sakit panggung belakang bawah sebelah kanan dok. nyeri sekali rasanya seperti kecapaian setelah membawa barang berat. tetapi saya hanya membawa tas sekolah saja dok emang agak berat sih. saya bingung dok takut kenapa napa, saya sudah bercerita ke mamah saya katanya itu kurang minum padahal saya minum sehari ga dikit dikit amat dok. saya mau periksakan ke dokter tp saya takut dok he he. jd konsul dl aja kesini, jd itu tuh kenapa ya dok? segera balas ya dok saya butuh kepastian harus bagaimana. terimakasih.

    Halo Nindi, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, nyeri dibagian punggung bawah (daerah pinggang) memiliki banyak kemungkinan penyebab. Hal ini dikarenakan pinggang tersebut terdiri dari otot, saraf, tulang, sendi, hingga organ-organ dalam. Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan nyeri pinggang, diantaranya yakni:

    • Kaku pada otot pinggang akibat aktivitas atau stres yang menggunakan otot secara berlebihan
    • Kesalahan posisi saat tidur atau posisi yang tidak ergonomis saat membungkuk, mengangkat berat, atau meraih benda tertentu. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pada otot atau persarafan pinggang
    • Infeksi saluran kemih, seperti radang pada ginjal (pielonefritis), batu ginjal, infeksi pada kandung kemih, dsb
    • Nyeri saat haid atau dismenore
    • Penyakit radang panggul akut, disebabkan infeksi bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita
    • Penyakit usus buntu atau apendisitis
    • Penyakit radang usus

     

    Berdasarkan informasi diatas, terdapat banyak kemungkinan penyebab nyeri yang Nindi alami (baik kondisi yang serius/tidak). Oleh karena itu, jika nyeri terus menerus dirasakan, semakin memberat, atau disertai gejala lain (seperti perubahan pada urin, keputihan berbau, diare, dsb) disarankan agar memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mengevaluasi apakah nyeri yang dialami merupakan kondisi yang serius/tidak berdasarkan wawancara, pemeriksaan fisik, dan penunjang (tes darah, urin, ultrasound, dan sebagainya). Dokter kemudian akan memberikan terapi yang sesuai. 

    Artikel mengenai nyeri pinggang dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L