Tanya Dokter

  • Sakit pasca operasi tumor

  • Selamat malam dokter..

    Dok, saya mau tanya.. Ibu saya menjalani operasi tumor usus bulan agustus tahun lalu. Letak sel tumor di area rectum (stadium 1B). Jadi rectum ibu saya diangkat hingga usus (kolostomi permanen). Setelah operasi, ibu saya selalu cek ke dokter onkologi untuk perawatan lanjutan dan minum obat diantaranya xeloda dan MST (karena ibu saya masih sering kesakitan di anus setelah dijahit). Kondisi ibu saya pun di rekam medis lagi (USG, roontgen, tes urine, tes darah) dan dinyatakan bagus oleh dokter. Hanya saja ibu saya harus tetap minum obat xeloda selama 1 tahun (berakhir bulan september nanti).

    Yang ingin saya tanyakan, sudah hampir setahun koq anus ibu saya masih sakit ya dok? Minum MST sebagai pain killer hanya boleh dengan petunjuk yaitu pagi dan malam saja. Jadi ibu saya tidak berani minum kalau sakitnya kambuh siang hari. Bahkan terkadang tengah malam sering kesakitan walaupun sudah minum obat (MST) setelah makan malam. Akhir-akhir ini sering anus ibu dioles betadine. Katanya pedih sekali namun berangsur-angsur bisa hilang sakitnya. Tetapi jika betadine mulai kering, sakit di anus kambuh lagi.

    Mengapa anus ibu saya masih sakit ya dok? Apakah luka itu karena jahitan di anus yang memang belum pulih atau bagaimana?

    Kami baru bisa bertemu dokter onkologi lagi tanggal 2 Agustus (daftar antrian panjang). Jadi saya mohon petunjuk dari Alodokter agar saya bisa membantu ibu saya untuk mencari alternatif mengurangi rasa sakit di anus. Saya kasihan melihat ibu sering menangis menahan sakit.

    Tolong beri info ya dokter.. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih..

    Halo Renny, Rasa nyeri pada daerah anus kerap ditemukan pada orang yang menjalani operasi colostomi. Rasa nyeri setelah operasi colostomi mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

    • Adanya jaringan parut
    • Infeksi pada jaringan yang dioperasi
    • Rusaknya saraf di sekitar anus
    • Psikosomatis
    Sembari menunggu kunjungan ke dokter onkologi, sebaiknya ibu Anda memeriksakan diri ke klinik nyeri yang terdapat di Rumah Sakit-Rumah Sakit di kota-kota besar. Klinik nyeri akan membantu ibu Anda mencari penyebab nyeri yang dirasakan dan bagaimana menanganinya. Berikut beberapa anjuran untuk menghilangkan nyeri :
    • Berendam di dalam air dingin
    • Mengurangi tekanan pada area anus dengan cara melakukan posisi berlutut dengan dahi menyentuh lantai
    • Meletakkan bantal di bawah bokong saat berbaring
    • Melakukan relaksasi dengan cara hipnoterapi, refleksi
    Semoga dapat membantu ibu Anda, dr. Tri

    Trimakasih banyak dokter atas info dan sarannya.. Ibu saya tadi pagi menjalani rawat inap di klinik perusahaan tempat ayah saya bekerja sambil menunggu jadwal konsultasi ke dokter onkologi. Sepertinya (hanya dugaan karena saya belum sempat menemani ibu di klinik karena pekerjaan) ibu saya diberi Durogesic patch (seperti dulu pasca operasi) sehingga bisa mengurangi sedikit rasa nyeri dan bisa sedikit tidur. Skali lgi thanx a lot Doc...