Tanya Dokter

  • sakit ulu hati disertai perut kembung dan pinggang teras pegal

  • Siang dok sy mau tanya nih..Sdh beberapa minggu ini sy pny keluhan d ulu hati kembung perih panas n terasa pegal d pinggang sperti bengkak sy mnum omeprazole aga mndingan dok...nah pinggang saya ni kan msh pegel dok kl beraktifitas lama berdiri ato ddk itu pegel dok...seblum haid sy sll ada keluhan sakit d bag kiri ktny c ada kista d ovariumny dari situ hilang timbul sperti ada rasa ktusuk 2 gt...sy jg pkai kb iud...sy sering kencing sakit dok dan skr sy kencing trs stgh jam skali pdhal udh mnum urotractin lalu sy periksa ktny ada infeksi ginjaal krna pinggang kiri sy sakit smpai skr sy sering kencing dan masih terasa dibag tulang pungguh bwah n rasa sakit ktika jalan d daerah bokong pegal sperti ada yg nusuk2 gt...sy sdh mnum celebrex 100mg tp gda perubahan..udh mnum antibiotik ciploroxaxin msh sering kencing kl nyeri sll dsertai mngigil...sy jd bingung dok sbnerny sy sakit ap?sdkan sdh cek lab urin darah n usg ginjal n liver tdk ada batuny tp sy sdh konsumsi obat tdk ada perubahan...

    Halo Riska......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada nyeri pinggang yang Anda rasakan saat ini, maka kondisi ini merupakan rasa sakit yang muncul pada bagian panggul dan daerah perut dibawah pusar. Sakit pinggang sendiri lebih jarang terjadi.

    Penyebab dari sakit pinggang sendiri diantaranya adalah sebagai berikut ini : Sakit pinggang akut === penyakit usus buntu, Infeksi saluran kemih ( ISK ), penyakit radang panggul akut, kista ovarium, konstipasi / sembelit, dll. Sedangkan penyebab dari sakit pinggang kronis diantaranya adalah : Sindrom iritasi usus, endometriosis, penyakit radang panggul, Saraf yang rusak pada bagian pelvis, kekenduran rahim atau prolaps rahim, dsb.

    Jika kondisi sakit pinggang yang Anda alami masih saja sering terjadi dan sudah sangat mengganggu Anda, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam terlebih dahulu agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya bagian perut / pinggang / dan punggung, tes laboratorium, rontgen, USG perut, CT Scan, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan yang Anda alami diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari Dokter yang Anda temui nantinya, jalani pola hidup sehat === makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras, kelola stress psikologis, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    SAKIT PINGGANG

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati