Tanya Dokter

  • sakit perut disertai diare

  • <p style="text-align: center;">malam dok ,, sy beberapa hari ini sering merasakan perut saya nyeri,nyerinya paling lama 1 menit selang berapa menit perutsaya nyeri lagi dan disertai diare,itu kenapa yaa dok...? apa obatnya...?</p>

    Halo,   Nyeri perut bisa disebabkan banyak faktor, namun jika nyeri perut diikuti diare maka kemungkinan besar penyebab nyeri perut Anda adalah akibat pergerakan usus berlebih karena adanya peradangan pada usus yang menyebabkan diare. Baca topik Diare Nyeri perut dibedakan berdasar lokasi dan sifat nyerinya, maksudnya adalah nyeri yang dirasakan pada satu sisi perut bisa mengindikasikan hal yang berbeda jika nyeri timbul di sisi yang berbeda. Karena itulah maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan secara langsung dan menyeluruh. Penyebab nyeri perut bisa dibedakan menjadi:

    1. Nyeri perut karena gangguan organ pencernan = diare, konstipasi, radang usus, radang usus buntu, GERD, maag, colitis dll.
    2. Nyeri perut karena organ kemih = Infeksi ginjal, batu saluran kemih, Infeksi saluran kemih, Trauma saluran mih dll.
    3. Nyeri perut karena organ reproduksi = kista, polip, mioma, haid dll (pada wanita) dan radang prostat (pada pria)
    4. Nyeri perut karena empedu, hati, pankreas dan limpa.
    Untuk menghilangkan nyeri perut maka penyebab nyeri perlu diketahui dengan pemeriksaan. Dengan melakukan pemeriksaan maka penyebab bisa diketahui dan pengobatan yang tepat bisa diberikan. Penanganan diare bisa dengan melakukan beberapa hal seperti :
    1. Banyak minum air putih.
    2. Minum loperamid untuk mengurangi diare.
    3. Minum paracetamol untuk mengurangi nyeri.
    4. Makan makanan bergizi
    5. istirahat cukup.
    Semoga membantu.   dr. Yusi