Tanya Dokter

  • BAB hanya keluar sedikit, tekstur lembek dan berwarna kecoklatan

  •  Agungbudid
    Anggota
    Dok saya pria berumur 16 tahun... Saya sekarang sedang mengurangi porsi makan saya dok, Namun semenjak saya mengurangi porsi makan saya, saya BAB cuman 1 kali dalam sehari, dan kadang perut saya terasa sakit seperti mau BAB, namun begitu ke WC dan jongkok saya cuman kentut dan rasa sakit hilang. Namun saya tidak mengalami mual, demam, muntah, nafsu makan tetap cuman saya sudah tidak pernah ngemil lagi dok. saya cuman makan pagi, siang, dan malam dok. Dan kalau saya BAB kotorannya hanya sedikit dok teksturnya lembek dan bewarna kecoklatan kadang juga kuning. kira-kira saya sakit apa dok ?

    Halo Agungbudid, terima kasih atas pertanyaannya. BAB sebanyak 1 kali setiap hari merupakan hal yang normal. Sementara konsistensi dari kotoran akan mengikuti dari jenis makanan yang kita makan. Apabila konsitensi lembek namun tidak cair biasanya hal ini disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi misal kurangnya serat yang Anda makan. Rasa tidak nyaman pada perut dan disertai banyaknya gas yang keluar biasanya disebabkan oleh :

    • maag
    • konsumsi makanan yang menghasilkan banyak gas
    • irritable bowel syndrome
    • Infeksi saluran cerna

    Namun keluhan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bernutrisi dan tinggi serat. Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air mineral sebanyak 2 liter sehari. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil namun terbagi menjadi beberapa kali makan daripada makan dengan porsi besar sebanyak 3 kali. Hal ini akan menjaga kesehatan lambung dan efektif untuk menjaga berat badan. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter terdekat apabila keluhan berlanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab dari keluhan yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa