Tanya Dokter

  • Demam disertai sakit kepala hingga leher

  •  A R Putri
    Anggota
    selamat malam dok. saya mau tanya 2 hari yg lalu setelah bangun pagi tiba tiba demam, kepala saya sakit sampai ketelinga keleher jadi susah makan dan sempat muntah 3 kali. pas sudah siang perut saya tiba tiba mules melilit perih dan akhirnya keluar gas masih sampai sekarang tapi sakitnya selalu berjeda dan kalo agak ditekan perutnya sakit. terus demamnya juga masih, sakit dikepala juga terkadang masih sakit. Bagaimana mengobatinya yaa dok, terus itu saya sakit apa? Terimakasih.
    A R Putri  A R Putri
    Anggota
    tenggorokan saya juga sakit, kenapa kepala saya yang sakit lalu perut saya juga sakit? trims, dok.

    Hai Putri,

    Bila Anda mengalami demam, maka kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya infeksi dalam tubuh, baik akibat virus, bakteri, maupun parasit. Demam sendiri merupakan kondisi suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat, di mana kenaikan suhu tubuh ini sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan infeksi akibat mikroorganisme penyebab penyakit.

    Demam kerap disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, sakit perut, diare, perut kembung, ataupun sakit tenggorokan seperti halnya yang Anda alami. Mengingat keluhan yang Anda alami tidak khas (karena terdapat berbagai macam penyakit yang dapat menimbulkan gejala yang serupa) maka untuk dapat memastikan penyebabnya tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

    Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan demam antara lain:


    Bila dalam 3 hari keluhan yang dialami belum kunjung membaik maka sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Selain melakukan pemeriksaan fisik, jika diperlukan dokter dapat menganjurkan tes penunjang seperti tes laboratorium darah untuk menelusuri penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Bila timbul demam atau sakit kepala terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat penurun demam dan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
    • Hindari konsumsi makanan yang digoreng, pedas, berminyak, asam, atau menimbulkan gas
    • Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari untuk mencegah dehidrasi saat demam dan melembabkan tenggorokan
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Kenakan pakaian yang berbahan sejuk, tidak terlalu tebal, dan dapat menyerap keringat dengan baik
    • Perbanyak istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab demam         
    Sakit perut

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman