Tanya Dokter

  • Penyebab sakit perut

  •  feris
    Anggota
    Dok saya perempuan berusia 21th akhir-akhir ini saya mengalami sakit perut yang sangat tidak mengenakkan. Sering bersendawa, ulu hati terasa sangat sakit jika bernafas panjang, punggung terasa sanfat pegal, perut bersuara air, perut terasa seperti melilit, mual, dan tidak nafsu makan padahal BAB saya lancar saja. Kirakira ini sakit perut apa ya dok? Terimakasih.

    Halo feris......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada perut dan uluhati disertai dengan gejala - gejala yang lainnya, paling sering disebabkan oleh karena penyakit yang terkait organ lambung.

    Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyerang organ lambung, diantaranya adalah : gastritis === peradangan pada dinding lambung bagian dalam, penyakit asam lambung/ GERD, tukak peptik === luka yang terdapat pada dinding lambung bagian dalam, kanker lambung.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : sindrom iritasi usus, Peradangan pada pankreas, gangguan kesehatan pada organ empedu, hepatitis.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan mengkonsumsi obat khusus gangguan lambung seperti antasida cair, yang dapat Anda beli dengan bebas di apotik, dan minumlah sesuai dengan aturan yang tertera di kemasan.

    Selain itu Anda juga harus melakukan saran berikut ini, yaitu : akan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, menghindari makanan yang asam/ pedas/ berminyak / bersantan/ Berlemak/ digoreng, stop merokok dan jangan minum minuman keras, menghindari minum kopi, tidur dan istirahat yang cukup, kelola stres psikologis.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati