Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit perut

  • selamat pagi

    Halo AleTresno.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa timbulnya rasa sakit pada perut, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai nyeri abdomen, paling sering disebabkan oleh karena gastritis, yaitu Peradangan pada sistem pencernaan.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi sakit perut juga dapat disebabkan oleh : penyakit asam lambung, Peradangan pada usus buntu, batu ginjal, timbulnya luka pada dinding lambung bagian dalam, batu empedu, sindrom iritasi usus, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya sakit perut yang timbul kurang dari 24 jam, dapat disebut sebagai hal yang normal. Akan tetapi jika sakit perut sudah terjadi lebih dari 24 jam, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, atau mengunjungi rumah sakit, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya perut, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati