Tanya Dokter

  • Penyebab sakit perut dan pusing

  • dok setiap pagi saya sakit perut kadang disertai puusing sama kaki tangan dingin dok,? itu kenapa ya dok mohon d jawab dok

    Azra Nadila Putri  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Azra Nadila Putri,

     

    Pada keluhan dengan nyeri perut sebaiknya dilengkapi secara jelas tentang lokasi dari nyeri perut yang dialami. Umumnya lokasi pada nyeri perut dapat dibagi menjadi 9 tempat seperti bagian perut atas, tengah atau bawah dan juga kanan, tengah dan kiri. Penentuan dari lokasi pada nyeri perut dapat menentukan kemungkinan dari kelainan yang dialami.

     

    Beberapa kemungkinan dari penyebab nyeri perut dapat disebabkan karena adanya gangguan pada saluran pencernaan seperti adanya infeksi pada saluran cerna atau dispepsia, adanya gangguan pada saluran kemih seperti batu pada saluran kemih, infeksi saluran kemih atau disebabkan karena infeksi pada ginjal, atau karena gangguan pada organ reproduksi terutama terjadi pada wanita seperti terjadinya peradangan pada panggul atau endometriosis.

     

    Pusing merupakan sensasi berputar yang dirasakan pada seseorang yang dapat disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan seperti yang terjadi pada vertigo, infeksi pada telinga, atau gangguan pada mata sehingga fungsi penglihatan untuk menjaga keseimbangan juga terganggu. Rasa dingin pada tangan dan kaki dapat disebabkan karena anemia atau gangguan pada pembuluh darah.

     

    Beberapa langkah yang dapat dilakukan diantaranya dengan mengompres area yang nyeri dengan menggunakan air hangat atau mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, beristirahat dengan cukup, mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan serta menjaga kebersihan makanan yang dimakan. Anda juga disarankan untuk makan dengan teratur 3 kali dalam sehari dan juga menghindari makanan yang pedas atau asam untuk sementara waktu.

     

    Namun apabila nyeri tidak berkurang dengan anjuran atau pengobatan sederhana yang telah dilakukan, nyeri bertambah berat, pusing menyebabkan mual dan muntah dan mengganggu dalam beraktivitas sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang dialami. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan pada keluhan yang anda alami diantaranya pemeriksaan darah atau USG untuk mengetahui kemungkinan penyebab dari keluhan yang dialami sehingga dapat dilakukan pengobatan pada keluhan.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi