Tanya Dokter

  • Sakit perut di malam hari

  • slmt mlm dok, dok saya ada keluhan, saya punya mag dn tiap hari sllu sakit aplg kalau mlm hari, pdhl saya sdh atur makan saya wlaupun blm max, sakit spt kram tdk bebas bergerak spt menggerakan tubuh saat menguap, sakit spt ada yg trtahan, gerakan spt solat pun mmbuat sakit dok, saya khawatir ada yg brmslh serius dg perut saya, apa saya perlu kw dokter? jika tdk, apa obat nya dok? trmskh.

    Halo adeleiasuwarno.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Semua gejala yang Anda utarakan kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai tukak lambung / ulkus peptikum, yaitu luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

    Berikut ini beberapa gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena tukak lambung, yaitu : rasa sakit pada perut yang terutama muncul pada malam hari, rasa sakit perut terasa makin parah saat perut kosong, tidak nafsu makan, mual, dan lain sebagainya.

    Akan tetapi selain oleh karena tukak lambung, kondisi Anda alami juga dapat disebabkan oleh : peradangan pada pankreas, sindrom iritasi usus, gangguan keshatan pada organ empedu, hepatitis, gastritis === peradangan pada dinding lambung bagian dalam, kanker lambung, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini rasa sakit perut masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, endoskopi, dll., sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati