Tanya Dokter

  • Pendarahan setelah berhubungan intim

  •  ginaaa
    Anggota
    Halo Dok. saya baru menikah 1bulan yang lalu, saya berhubungan dengan suami saya saat berhubungan keluar darah saya belum tahu itu haid atau bukan tapi siklus haid saya yang sebelumnya teratur dok dan tanggal saya berhubungan lumayan jauh dengan siklusnya, kemudian setelah keluar darah terserbut saya dan suami menghentikan berhubungan itu kemudian 2jam setelahnya perut saya sakit dok dibagian tengah seperti sakit karna haid tapi karna saya kalau haid tidak pernah sakit seperti ini dok

    Halo ginaaa.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan berupa timbulnya pendarahan saat berhubungan seksual, memang paling sering disebabkan oleh karena seorang wanita sedang memasuki masa - masa menstruasi.

    Akan tetapi selain oleh karena menstruasi, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : gesekan selama berhubungan seksual, kurangnya cairan lubrikasi, ektropion serviks, Peradangan pada serviks, luka genital akibat infeksi menular seksual, Peradangan pada vagina, polip yang tumbuh di leher rahim, kanker serviks.

    Pada dasarnya, jika pendarahan hanya terjadi sekali, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih akan hal ini. Akan tetapi jika pendarahan selalu terjadi setiap kali Anda berhubungan seksual, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus obsgyn, pap smear, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati