Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian atas, sulit BAB dan telat haid

  •  Rustini
    Anggota
    Permisi dok, saya berumur 20th saya mau tanya dok , saya punya maag ,terus kemarin saya telat sarapan, makan2 jam 12 siang terus kebesokannya saya makan makanan pedas, lalu malemnya perut saya dibagian atas dibawah dada itu ko sakit, terus saya tekan pas abis ditekan sakit terus terasa perih perutnya juga terasa kembung terus keras, terus menerus saya ngerasa seperti itu udah gitu susah bab sama saya telat haid , itu kira2 kenapa ya dok? Makasih
    Rustini  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Rustini,

     

    Sakit maag disebabkan karena adanya iritasi pada dinding lambung bagian dalam akibat asam lambung yang meningkat. Beberapa faktor risiko dari terjadinya peningkatan dari asam lambung diantaranya stress yang berlebihan, kebiasaan makan terlambat, kegemaran dalam mengkonsumsi makanan pedas, asam atau yang bersantan atau adanya infeksi pada lambung.

     

    Beberapa keluhan yang disebabkan karena terjadinya sakit maag diantaranya nyeri pada ulu hati atau perut bagian kiri atas, mual, muntah, sering bersendawa, rasa penuh pada perut atau kembung, nafsu makan menurun. Selain itu, pada orang dengan nyeri pada ulu hati dapat disebabkan karena gangguan pada saluran empedu seperti adanya batu empedu, GERD, atau gangguan pada pankreas (pankreatitis).

     

    Pada umumya, kesulitan pada BAB dan gangguan dalam siklus menstruasi tidak memiliki kesamaan penyebab. Kesulitan pada BAB dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung serat, kurangnya konsumsi asupan cairan, gangguan pada persarafan di usus atau karena infeksi seperti adanya infeksi pada usus

    Keterlambatan pada menstruasi (tidak kunjung terjadinya menstruasi setelah 35 hari sejak hari pertama haid terakhir) dapat disebabkan karena adanya stress yang berlebihan, gangguan pada siklus hormonal akibat penggunaan KB atau karena gangguan pada tiroid atau gangguan pada hipotalamus di otak seperti adanya tumor, PCOS, atau disebabkan karena gangguan berat badan.

     

    Pada orang dengan gangguan maag maka perlu diketahui bahwa pengobatan dilakukan untuk menghilangkan gejala untuk sementara waktu, sedangkan peran dari penderita maag lebih besar untuk terjadinya kesembuhan. Penderita maag diharapkan untuk tidak terlambat makan dan memiliki jadwal makan yang teratur setidaknya 3 kali dalam sehari, mengurangi konsumsi makanan terlalu pedas atau asam. Tidak merokok dan mengurangi konsumsi kafein seperti kopi sehari-hari. Beristirahat dengan cukup dan hindari stress yang berlebihan.

     

    Namun apabila rasa nyeri ulu hati disertai dengan demam, tidak menghilang dengan anjuran yang telah dilakukan atau menetap dan mengganggu keseharian disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, atau jika diperlukan dapat dilakukan gastroskopi untuk melihat ke bagian dalam saluran cerna bagian atas sehingga dapat dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebab. Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan juga anda dapat melakukan konsultasi mengenai keluhan gangguan pada siklus menstruasi yang muncul.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi