Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah saat menstruasi

  • Dok, saya mau tanya, ketika hari pertama saya mestruasi kenapa ketika saya buang air kecil atau besar perut bagian bawah terasa sakit ? Ketik tidak buang air besar atau kecil juga perut terasa sakit, tapi tidak sesakit ketika buabg air baesar atau kecil.

    Hai, Rasa nyeri tersebut dapat terjadi akibat kontraksi otot rahim sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat menstruasi. Adanya zat kimia prostaglandin yang dilepaskan saat menstruasi, juga akan merangsang kontraksi rahim dan berperan dalam timbulnya rasa nyeri. Makin tinggi kadar prostaglandin, maka rasa nyeri juga akan semakin bertambah. Perlu diwaspadai jika terdapat rasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi, karena dapat disebabkan oleh:

    Usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur. Ganti pembalut secara rutin saat menstruasi sehingga tetap bersih. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Tidak mengkonsumsi minuman keras, tidak merokok. Lakukan olahraga rutin dan memiliki berat badan ideal. Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti USG, dapat membantu untuk mengetahui jika terdapat penyebab medis yang mendasari. Sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.     Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    Terima kasih dok atas informasi nya