Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah gejala penyakit apa ?

  •  Humaira
    Anggota

    Dok, saya suka merasakan nyeri perut bagian bawah, tidak sering tapi agak jarang, datang dan pergi begitu saja. Tapi sudah sejak lama terjadi sekitar 2 tahun. Awalnya nyeri perut bagian kiri bawah, nah pas kebetulan saya di pijat karena cidera tulang punggung, tukang pijit itu tanya, apakah sering sakit perut ? Ya saya bilang suka nyeri tapi jarang, pas dia periksa perut saya, katanya rahim saya turun, lalu sama tukang pijit tersebut di benerin, dan setelah itu syukur alhmd tidak terasa nyeri lagi. Tapi akhir² ini nyeri itu datang lagi, baik itu saat tidak mens apalagi pas mau masuk pre menstruasi rasanya sakit banget, bikin badan lemes, pusing dan tidak karuan.

    Dulunya saya suka olahraga volly yang mengharuskan saya melakukan gerakan fisik ekstra, yang dimana harus loncat-loncatan, dsb. Dan sering kebut-kebutan di jalan yang rusak berlubang karena memang jalan di daerah saya rusak, apakah hal-hal tersebut berpengaruh dok, pada sakit perut yang saya derita ? Lalu gejala penyakit apakah yang mungkin saya derita ? Karena saat akan memeriksakan diri ke dokter, saya takut di diagnosa penyakit yang serius.

    Humaira  Humaira
    Anggota

    Sakit perut sebelumnya dibagian perut kiri bawah, dan sekarang malah menjalar kesemua bagian, kadang dibagian perut bawah kiri, kanan dan atas.

    Hai, Sakit perut merupakan keluhan yang sering ditemukan dan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab yang berbeda dapat menimbulkan gejala sakit perut yang berbeda (nyeri menusuk, perasaan berat seperti tertindih, atau nyeri yang menjalar) dan lokasi yang berbeda pula (perut bagian kiri, kanan, atas atau bawah). Beberapa penyebab sakit perut kiri:

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter. Tidak perlu ragu untuk memeriksakan diri ke Dokter, dengan penanganan yang dini maka masalah yang Anda alami dapat segera teratasi. Keluhan sakit perut memerlukan pemeriksaan fisik secara cermat oleh Dokter untuk menilai lokasi, sifat, dan derajat nyeri. Bila diperlukan Dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti USG, Rontgen, CT Scan, pemeriksaan laboratorium dan lainnya. Penanganan yang tepat hanya dapat diberikan dengan mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda alami. Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Makan teratur dengan gizi seimbang
    • Hindari makanan yang bersifat asam, pedas, atau berminyak
    • Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari
    • Hindari konsumsi obat yang mengandung obat anti inflamasi non-steroid (seperti aspirin, ibuprofen)
    • Jangan menahan keinginan berkemih
    • Hindari mengurut bagian perut yang sakit
    Beberapa artikel dengan topik terkait dapat dibaca pada laman berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani

    Humaira  Evi Apriani
    Anggota

    saya juga sama dok keluhannya sperti itu..berbahaya tdk ya?

    Humaira  Nicta
    Anggota
    Mba gimana sudah sembuh? Saya juga begitu..