Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah kanan dan kepala pusing

  •  Ayu bahraeni
    Anggota
    Permisi dok saya mau bertanya, sudah 3 hari ini saya mengalami pusing dan sakit perut dibagian bawah. Awalnya gejala ini disertai dengan diare, namun kemarin saya telah meminum obat diare dan diarenya pun hilang namun pusing nya semakin bertambah dan sakit perutnya juga semakin bertambah dan sakit perutnya berpindah di bagian bawah sebelah kanan. Saya juga sering merasa sakit punggung ketika bangun tidur dan merasa badan saya panas ketika mau tidur padahal suhu tubuh saya normal. Diagnosa penyakit saya menurut dokter apa ya? Dan bagaimana solusinya. Mohon bantuannya dok, terimakasih.

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, untuk melakukan diagnosa, perlu dilakukan wawancara langsung, pemeriksaan fisik langsung, serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan secara langsung sesuai indikasi.

    Secara umum, kondisi yang Anda rasakan, kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan lambung dan pencernaan akibat konsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya atau makanan yang terkontaminasi oleh bakteri, seperti makan makanan di luar rumah, makan pedas, mie, bakso, pecel, rujak. Kondisi-kondisi ini dapat menyebabkan keluhan penyerta seperti diare, mual, menggigil, sakit kepala, pusing, muntah, sakir perut, dan keringat dingin.Keluhan-keluhan ini dapat terjadi bersamaan ataupun salah satu saja Anda rasakan. Dengan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penanganan secara langsung pada saluran pencernaan untuk mencegah resiko dehidrasi dan kondisi fisik yang semakin menurun.

    Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan keluhan yang Anda rasakan, seperti:

    1. usus buntu

    2. gastritis atau gangguan lambung

    3. intoleransi makanan

    4. keracunanan makanan

    5. alergi makanan

    Bila keluhan ini masih tidak nyaman Anda rasakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan langsung, sehingga dokter dapat memastikan penyebabnya dan memberikan perawatan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan. 

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari makanan pedas, mie, bakso,kopi, nasi goreng, pecel.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi