Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian kanan bawah saat hamil trimester 1

  •  lilis nurinda
    Anggota

    assalamu'alaikum, mau tanya, saya sudah tespek dan hasilnya positif, terus waktu di cek ke bidan perut terasa sakit di bagian tengah bawah (diatas vagina) dan katanya usia kandungannya baru 4 minggu, tapi sekarang perut bagian kanan bawah saya selalu sakit, apakah itu normal dok? minta penjelasannya. terima kasih.

    Salam,

    Adanya kehamilan semester awal perlu kiranya kita mulai menjaga semua pola kebiasaan dan pola hidup sehat untuk kesehatan ibu dan janin, sehingga dapat menjalani masa kehamilan dengan baik.

    Pada bumil dengan keluhan nyeri perut bawah ataupun kanan bawah, kemungkinan dapat disebabkan oleh adanya gangguan kontraksi pencernaan. Hal ini dapat dipicu oleh kebiasaan konsumsi makanan kita yang kurang mendukung kesehatan dan kehamilan kita. Kebiasaan makanan yang merugikan bagi pencernaan dan kenyamanan kita selama kehamilan, sehingga memicu keluhan nyeri perut ini dapat berupa

    1. kurang minum air putih

    2. sering mengkonsumsi kopi, soda, minuman instan

    3. sering mengkonsumsi makanan pedas, mie instan, bakso, nasi goreng, pecel, makanan siap saji, jajanan atau cemilan asin

    4. kurangnya intake makanan berserat, sayur, buah, susu, ikan

    5. kelelahan fisik

    6. tidur larut malam

    7. stres

    Dengan demikian, perlu kiranya kita mengevaluasi semua kemungkinan yang mempengaruhi kondisi fisik kita , kehamilan, ataupun pencernaan kita. Karena selama pencernaan kita mengalami gangguan, maka serapan gizi makanan juga tidak dapat optimal.

    Bila keluhan ini masih mengganggu, terutama setelah Anda berusaha menjaga pola hidup sehat, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan. Dokter akan memastikan penyebab keluhan ini, dan merencanakan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti USG ataupun pemeriksaan darah.

    Penanganan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Bila fisik Anda mengalami kelelahan, maka sebaiknya Anda beristiahat yang optimal dan cukup untuk memulihkan stamina dan kesehatan Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi