Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian kiri bawah yang menjalar ke pinggang disertai diare

  • Halo dok, saya wanita usia 17 tahun sudah 2 hari perut saya sakit (bagian kiri bawah). Rasa sakitnya sampai ke bagian pinggang sebelah kiri. 2 hari juga saya selalu BAB (1 hari lebih dari 3 kali) dengan feses yang sangat sedikit dan lembek. Hari pertama saya sempat meriang. Dan pada hari ke 2 saya haid. Apakah sakit perut ini kram haid atau bukan? Mohon jawabannya dok

    Hai Nadya,

    Nyeri perut pada dasarnya dapat berasal dari berbagai sumber, baik akibat gangguan pada saluran pencernaan, masalah pada organ reproduksi, maupun kelainan pada sistem saluran kemih. Bila kamu mengalami nyeri perut yang disertai dengan diare dan haid, maka kondisi ini dapat bersumber dari saluran pencernaan maupun organ reproduksi.

    Adapun nyeri perut yang disertai dengan diare dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti:


    Pada awal periode menstruasi wanita juga dapat mengalami sakit perut yang disebut sebagai dismenore. Sepanjang nyeri haid yang timbul tidak berlebihan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kondisi ini merupakan hal yang normal. Namun jika timbul nyeri haid yang tidak tertahankan, hingga mengganggu aktivitas keseharian, atau menimbulkan gejala tertentu (seperti muntah atau bahkan pingsan), maka kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat berkaitan dengan adanya masalah pada organ reproduksi seperti endometriosis, miom, adenomiosis, ataupun radang panggul.

    Bila keluhan terus berlanjut maka ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya dapat ditelusuri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes feses, tes darah, atau USG) untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi kamu sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Sementara ini berikut anjuran yang dapat kamu lakukan:

    • Kompres hangat dapat membantu menyamankan perut dan meredakan nyeri perut yang timbul
    • Istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Hindari konsumsi makanan yang pedas, berminyak, asam atau menimbulkan gas
    • Pilihlah jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Mencuci tangan sebelum makan/menyiapkan makan atau setelah ke toilet


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab sakit perut

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman