Tanya Dokter

  • sakit perut bagian kiri disertai bab berwarna hitam

  • selamat pagi dok,saya imelda umur saya 15 tahun saya kemarin BAB dengan berwarna hitam ditambah dengan sakit perut bagian kiri bawah dekat selangkangan,apakah gejala ini termasuk penyakit hernia? terus apakah ada hubungannya dengan telat menstruasi?

    Halo Imelda, BAB berwarna hitam dapat menandakan efek dari makanan atau obat maupun keadaan yang lebih serius seperti perdarahan saluran cerna, misalnya perdarahan lambung. Berbagai keadaan yang menyebabkan BAB berwarna hitam:

    • sedang konsumsi suplemen besi untuk penambah darah atau obat yang mengandung bismuth
    • Konsumsi makanan yang berwarna merah atau gelap, misalnya buah bit, gelatin warna merah, bluberi, dll.
    • gastritis
    • varises di esofagus,dll
    Nyeri perut kiri bawah dapat disebabkan keadaan-keadaan berikut ini: Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Dokter juga akan memeriksa lab darah, feses, dan endoskopi (teropong) saluran pencernaan jika diperlukan. Salah satu gejala hernia memang nyeri perut tetapi untuk menegakkan diagnosis hernia tidak hanya dari keluhan nyeri perut, keluhan paling utama adalah ada penonjolan di sekitar pusar (hernia umbilikalis), sekitar lipat paha (hernia femoralis) terutama pada saat mengangkat barang atau mengedan. Telat menstruasi umumnya tidak memiliki gejala khas nyeri perut, telat mens mungkin disebabkan ketidakseimbangan hormonal dan faktor-faktor pemicu lain misalnya stress, aktivitas fisik yang berlebihan, kegemukan, penurunan berat badan berlebihan, atau gangguan indung telur. Pada umur 15 tahun seperti Anda mungkin saja mentruasi belum teratur. Seiring waktu mens akan teratur kecuali terdapat gangguan lain. Artikel berikut ini dapat membantu: Nyeri perut kiri Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar