Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri perut bagian bawah setelah hubungan intim

  • Sore dokter, saya hari rabu dan kamis berhubungan suami istri dengan suami saya. Saya masih 22 tahun. Saya berhubungan saat saya sedang masa subur, krn kami sedang berusaha memiliki momongan. Pada hari kamis malam sampai dengan sekarang perut bawah saya terasa ngilu seperti mau menstruasi sama persis. Ini kenapa ya dok? Terimakasib sebelumnya...

    Halo Rizky.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa sakit perut bagian bawah, memang dapat disebabkan oleh karena adanya riwayat berhubungan seksual, di mana hal ini terjadi oleh karena pada saat berhubungan seksual vagina serta rahim akan berkontraksi atau berdenyut ( pada saat orgasme ) sehingga menimbulkan rasa nyeri perut setelahnya.

    Akan tetapi selain oleh karena berhubungan seksual, kondisi nyeri perut bagian bawah yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : menstruasi, masa subur, penyakit radang panggul, kista ovarium, endometriosis, fibroid rahim, gangguan pada server seperti infeksi/ rada / kanker, radang usus buntu, radang pada kandung kemih, infeksi atau batu ginjal, penyakit menular seksual.

    Jika kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan sampai saat ini, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : Pemeriksaan fisik khususnya perut, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, dll., sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT PERUT BAGIAN BAWAH

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati