Tanya Dokter

  • Sakit perut bawah kanan sampai ke paha

  •  Yulia Citra
    Anggota
    Selamat pagi, dokter saya menderita sakit perut bawah kanan sudah lama, pertama selama setahun saya di vonis menderita Infeksi saluran kemih namun sudah beberapa kali tes lab hasil nya negatif. Lalu setelah itu saya berobat ke akhli dalam dan di nyatakan TBC usus setelah delapan bulan berobat saya jarang merasa sakit, sekarang setelah hampir enam bulan berhenti berobat saya merasa sakit perut bawah kembali, sampai pegal ke paha dan selangkangan. Apalagi ketika posisi paha di angkat menekan perut, sakit perut bawah kanan di bawah pusar sampai ke paha sakit dan pegal pertanda apa ya? Saya takut terkena kista ovarium soalnya saya belum hamil setelah menikah 5 bulan. Dan sebaik nya saya berobat ke dokter akhli dalam atau kandungan?

    Halo Yulia, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Lokasi bagian perut yang terasa nyeri bisa menjadi petunjuk penyebab yang mendasari. Khusus wanita, berikut beberapa penyebab munculnya rasa sakit di perut kanan bagian bawah :

    • apendisitis atau radang usus buntu
    • kehamilan ektopik
    • kista ovarium
    • batu ureter kanan
    • endometriosis
    • radang usus, baik akibat virus, bakteri, ataupun penyakit autoimun

    Karena Anda memiliki riwayat peradangan usus akibat infeksi bakteri M.tbc, alangkah baik memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dilanjutkan tes penunjang, seperti tes darah, rontgen, USG rongga perut, bahkan hingga CT-scan. Setelah penyebab yang mendasari diketahui, barulah ditetapkan langkah penanganan yang tepat. Bila terbukti bahwa sakit perut Anda terkait dengan organ reproduksi wanita (seperti kista ovarium, endometriosis, kehamilan ektopik), maka dokter penyakit dalam akan merujuk Anda menemui dokter kandungan. 

    Mengenai kondisi Anda yang belum hamil meskipun telah menikah selama 5 bulan, jangan berkecil hati dahulu. Silahkan baca artikel cara cepat hamil

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili