Tanya Dokter

  • Sakit perut dan cara mengatasinya

  •  maylanda
    Anggota
    Selamat malam dok, saya sudah 5 tahun mengalami maag, sudah beberapa bulan ini perut saya sering sakit kadang seperti di tusuk tusuk .. Lokasinya dimana saja bisa berpindah pindah , sering sekali saya sakit dibagian kanan bawah sampai sakit saat jalan, batuk dll tapi bukan usus buntu .. Hampir setiap hari saya mengalami sakit perut dibagian mana saja , kadang seluruh perut .. Sebenarnya apa sakit saya dok ?

    Halo maylanda......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan keshatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada perut atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai nyeri abdomen, memang dapat disebabkan oleh karena penyakit yang terkait dengan lambung seperti gastritis / maag, tukak peptik, penyakit asam lambung / GERD, kanker lambung.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, nyeri abdomen juga dapat disebabkan oleh : infeksi pada saluran pencernaan, peradangan pada usus buntu, batu ginjal, peradangan pada kantong - kantong kecil pada dinding usus besar, batu empedu, sindrom iritasi usus, dan lain sebagainya.

    Oleh karena hal ini sudah lama Anda rasakan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG khusus perut, endoskopi, dll., sehingga akhirnya penyebab pasti diketahui, dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati