Tanya Dokter

  • Sakit perut di sebelah kanan bawah

  •  Djaka Lanang
    Anggota

    Met pagi dok.. nama saya mumu usia saya 30 thn.. saya mau bertanya dok saya mngalami sakit perut di bagian kanan bawah, di sertai kembung sering buang gas.. trus saya berobat kemantri trdkat.. kata nya saya mngalami gejala usus buntu.. prtanyaan saya dok saya sudah berobat namun rasa sakit nya msh trasa dok.. dan apa kah klw gejala usus buntu bisa di sembuh kan tanpa hrus melakukan operasi dok.. melihat ke ada'an kluarga saya di bawah garis kemiskinan dok.. sekian terimaksh dok mohon jwbn nya..

    Hai, Sakit perut dapat terjadi karena berbagai macam sebab, dari yang ringan hingga yang berbahaya. Sakit perut, terutama pada bagian kanan bawah dapat disebabkan oleh :

    1. gastroenteritis - infeksi pada usus, biasanya sakit perut disertai diare
    2. radang usus
    3. usus buntu
    4. divertikulitis - timbulnya kantung-kantung yang meradang pada dinding usus
    5. obstruksi usus - adanya hal yang menghambat proses jalannya makanan pada usus
    6. hernia - nyeri disertai timbulnya benjolan pada dinding perut
    7. dan lainnya
    Untuk memastikan apa yang menyebabkan terjadinya nyeri perut pada kanan bawah seperti yang Anda rasakan perlu adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter umum. Perlu untuk dilakukan wawancara yang lebih rinci mengenai perjalanan penyakit, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan medis lain seperti cek lab darah dan USG. Apabila diagnosis telah ditegakan oleh dokter bahwa Anda menderita appendicitis (usus buntu) yang akut, maka terapi terbaik adalah dengan jalan operasi. Operasi dibutuhkan untuk mencegah usus buntu memburuk / pecah dan menyebarkan infeksi pada tubuh. Jika terdaftar sebagai anggota BPJS, segala pemeriksaan dan penanganan untuk nyeri perut termasuk usus buntu ditanggung oleh BPJS kesehatan secara gratis, termasuk prosedur operasi bila dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya daftarkan diri Anda dan keluarga segera untuk menjadi anggota BPJS.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.