Tanya Dokter

  • sakit perut disebelah kanan bawah

  • selamat malam dok. sudah sejak hari selasa sore saya merasakan rasa nyeri di perut bagian kanan bawah rasa nyerinya tidak begitu sakit dan mirip seperti nyeri saat haid tetapi pada saat saya batuk rasa nyerinya itu bertambah. awalnya saya merasa nyeri pada saat batuk dibagian perut dibawah pusar namun pada saat saya sedang latiha taekwondo rasa sakitnya itu berpindah ke bagan kanan bawah. awalnya saya mengira rasa sakitnya itu timbul akibat pemanasan yang kurang benar pada saat sebelum latihan tapi pada saat selasa malam rasa nyerinya sedikit bertambah dan pada saat saya batuk saya sampai menekan bagian perut saya yang sakit agar tidak teasa terlalu sakit saat saya batuk. apakah ini merupakan gejala usus buntu dok? tetapi saya tidak merasakan mual dan yang lainnya hanya sering terasa pusing dan lemas tapi kebetulan saya juga sedang terserang flu dan batuk. kebetulan saya memiliki teman yang baru saja saja operasi usus buntu dan saya sedikit berdiskusi dengannya. teman saya mengatakan bahwa saat ia mengidap usus buntu ia merasakan sakit perut pada saat ia berbaring dan kakinya diangkat dan saya juga merasakan hal yang sama namun rasa sakitnya masih termasuk kategori rasa sakit yang masih bisa saya tahan dok. tetapi pada saat berjalan perut saya tidak terasa nyeri do. saya bingung apakah ini gejala usus buntu atau hanya sakit perut biasa?

    Hai, Nyeri perut pada bagian kanan bawah tidak selalu disebabkan oleh penyakit usus buntu. Kemungkinan penyebab nyeri perut di bagian kanan bawah ada banyak, diantaranya :

    1. masalah pada saluran cerna - penyakit usus buntu, divertikulitis, hernia, obstruksi usus
    2. masalah pada liver - batu empedu
    3. masalah saluran kemih - batu saluran kemih / batu ginjal
    4. masalah pada saluran reproduksi wanita - endometriosis, salphingitis, kista ovarium
    5. dan lainnya
    Usus buntu merupakan organ 'tambahan' pada saluran cerna manusia. Usus buntu berbentuk tabung kecil sekitar 5-10 cm dan terhubung ke usus besar. Usus buntu dapat tersumbat, membengkak hingga dapat meradang dan pecah. Pada kondisi tersebut terjadilah penyakit usus buntu. Jika seseorang mengalami penyakit usus buntu, maka sebagian besar akan mengalami gejala berikut :
    • nyeri perut, awalnya pada bagian ulu hati dan berpindah ke bagian kanan bawah
    • mual dan muntah
    • demam
    • nafsu makan menurun
    • sulit untuk buang gas
    • dan lainnya
    Untuk menentukan apakah yang menjadi penyebab nyeri perut kanan bawah yang Anda alami, diperlukan adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter akan menanyakan lebih lengkap mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, contohnya seperti tes lab darah, tes urin, x-ray dan USG. Penanganan yang diberikan akan berbeda terantung dari penyebab apa yang ditemukan menjadi penyebab dari nyeri perut tersebut. Jika ditemukan penyakit usus buntu (appendicitis akut), maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan usus buntu. Berikut merupakan artikel terkait yang dapat Anda baca : Penyakit Usus Buntu   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari