Tanya Dokter

  • sakit perut kanan bawah

  • Hallo dokter... Saya mau konsultasi saya perempuan 16 tahun kenapa ya perut kanan bawah terasa nyeri ? Nyerinya juga timbul tenggelam, Tidak bisa buang gas, Kembung, kemarin juga sempat demam.. Kira kira itu gejala apa ya ?

    Mohon dijawab dok terimakasihterimakasih?

    Halo Natalia, Nyeri perut ada 2 jenis:

    • Nyeri kolik, dimana nyeri terasa seperti dipelintir/diperas dan hilang timbul
    • Nyeri radang, dimana nyeri terasa seperti ditusuk - tusuk dan terus - menerus
    Nyeri Kolik Pada perut kanan, dapat terjadi nyeri kolik yang disebabkan oleh 2 saluran, yaitu:
    • Kolik colon, dimana nyeri ini terjadi karena adanya sumbatan pada usus besar bagian kanan bawah. Sumbatan ini dapat menyebabkan makanan tidak dapat lewat sehingga usus akan terasa nyeri seperti diperas - peras karena berusaha mendorong sumbatan
    • Kolik ureter, dimana nyeri ini terjadi karena adanya sumbatan pada saluran ginjal (ureter) kanan yang paling sering terjadi karena batu. Jika air tidak dapat melewati saluran ini, akan terasa nyeri seperti diperas - peras karena berusaha mendorong batu yang menjadi sumbatan
    Pada kolik usus yang dikarenakan oleh sumbatan total, bukan hanya makanan yang terhalang untuk lewat, melainkan gas juga tidak dapat lewat, menyebabkan tidak dapat kentut dan tekanan di perut meningkat sehingga menekan bagian ulu hati (diafragma) kemudian muncul sensasi mual. Akan tetapi perlu diingat bahwa sumbatan pada usus ini bukanlah bentuk infeksi, sehingga gejala infeksi seperti demam pada umumnya tidak akan muncul. Nyeri Radang Merupakan nyeri yang disebabkan karena terinfeksinya (meradang) suatu bagian dari tubuh manusia. Nyeri radang yang terjadi pada bagian kanan bawah perut dapat disebabkan oleh:
    • Usus buntu, dimana pada usus manusia ada suatu bagian usus yang kecil dan dapat terjadi peradangan, menyebabkan nyeri yang hebat. Jika peradangan ini terus didiamkan maka akan menyebabkan usus menjadi pecah dan dapat mengancam nyawa.
    • Pelvic Inflammatory Disease, dimana peradangan terjadi karena adanya infeksi pada bagian reproduksi wanita seperti kandung telur. Nyeri yang dirasa akan dapat pada bagian kanan bawah perut.
    Perlu diingat bahwa nyeri radang disebabkan oleh infeksi yang dimana tanda - tanda infeksi lainnya seperti demam dapat muncul juga. Pada usus buntu gejala bervariasi dari demam, nyeri, mual, tidak bisa kentut, dsb. Penanganan Perlu diingat bahwa kemungkinan - kemungkinan yang dapat terjadi pada anda ini bervariasi, dimana sebagian besar dapat mengancam nyawa dalam waktu yang tidak lama. Ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah secepatnya. Hindari penggunaan obat penghilang rasa nyeri. Jika kasus yang anda alami merupakan usus buntu, rasa nyeri sangat diperlukan untuk mengetahui apakah ususnya pecah atau tidak, karena jika usus sudah mengalami pecah/ruptur, hal tersebut sangat mengancam nyawa. Berikut beberapa tips untuk memelihara kesehatan pencernaan anda:
    • Minum air mineral minimal 2 liter sehari
    • Utamakan makanan berserat agar tidak mudah mampet
    • Kurangi makanan berlemak
    • Kurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda
    • Konsumsi yoghurt
    Artikel ini mungkin dapat membantu anda. Salam, dr. Yosephine U. L. Simanungkalit