Tanya Dokter

  • Sakit perut kanan bawah

  •  Lyana fira
    Anggota
    Selamat malam dok Saya mau bertanya beberapa hari ini perut kanan bawah saya terasa sakit kadang sampai pinggang juga kadang sampai paha ngilu buat jalan juga sakit dan sakitnya kadang hilang kadang timbul saya tidak demam juga dan tidak mual BAB saya juga tidak teratur seperti biasanya. Apakah itu berbahaya? Terima kasih,selamat malam

    Halo,

    Sakit perut bagian bawah, dapat disebabkan oleh :

    1. Ketegangan otot perut dan paha yang dapat disebabkan akibat olahraga yang berlebihan (lari jarak jauh/lari cepat jarak pendek) memar otot akibat jatuh, berolahraga tanpa pemanasan/peregangan/pendinginan.
    2. Infeksi dan adanya batu di kantung empedu.
    3. Hernia, biasanya disertai adanya benjolan di area selangkangan.
    4. Proses pelepasan sel telur dari indung telur (Ovulasi) biasanya terjadi setiap bulan saat masa subur dalam siklus menstruasi. Biasanya keluhan nyeri ringan yang hilang dalam waktu 2 hari.
    5. Infeksi kandung kemih dan atau ginjal, dapat disertai dengan adanya batu ginjal.
    6. Infeksi saluran indung telur/rahim/mulut rahim, biasanya disertai dengan keluhan keputihan dan nyeri ketika berhubungan seksual.
    7. Kista di ovarium atau area lain dalam organ reproduksi.
    8. Endometriosis
    9. Infeksi usus besar.
    10. Tumor/Kanker organ perut/reproduksi sebelah kanan. Jarang terjadi pada wanita usia muda.

     

    Untuk menentukan apa penyebab keluhan sakit perut yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan medis langsung. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi langsung dengan Dokter. Dokter akan menanyakan detail keluhan dan riwayat penyakit Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter mungkin menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, USG perut/transvaginal. Bila diduga ada masalah saluran cerna, Dokter mungkin merujuk Anda untuk melakukan endoskopi (suatu pemeriksaan menggunakan kamera kecil dihubungkan dengan selang yang dimasukkan ke lambung&saluran pencernaan).

    Untuk mengatasi nyeri, kompres hangat area perut yang terasa nyeri. Hindari kegiatan/aktivitas mengangkat berat, berlari cepat atau jalan jarak jauh. Selalu jaga kebersihan organ kewanitaan untuk menghindari infeksi di rongga panggul. Selalu jalankan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, cukupi porsi sayur dan buah,hindari makanan berlemak dan digoreng dalam minyak banyak, boleh mengkonsumsi yoghurt. Berolahraga secara teratur pilih yang ringan terlebih dulu, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, tidur di malam hari 7 sampai 8 jam perhari dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola hidup sehat akan membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik.

    Baca di sini mengenai Sakit Perut.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.