Tanya Dokter

  • sakit perut kanan dan sering BAK

  •  Amdaris Klk
    Anggota

    Assalamu'alaikum. wr wb. Helo dok. saya mau nanya. perut saya sebelah kanan kadang-kadang nyeri. dan kadang terasa sampai belakang. Terus saya selalu BAK. nafsu makan agak berkurang. Sebetulnya saya kenapa dok dan tolong sarannya?

    Sepertinya ada gangguan pada usus buntu dan disarankan konsultasi pada dokter, untuk masalah buang air kecil mungkin adanya kemungkinan gangguan dengan sistem pencernaan.

    Sepertinya ada gangguan pada usus buntu dan disarankan konsultasi pada dokter, untuk masalah buang air kecil mungkin adanya kemungkinan gangguan dengan sistem pencernaan.

    Hai, Nyeri pada perut bagian kanan bawah tidak selalu disebabkan oleh usus buntu. Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan nyeri perut pada bagian kanan bawah, diantaranya :

    1. masalah pada saluran pencernaan - seperti penyakit usus buntu, divertikulitis, hernia, obstruksi usus. Biasanya gejala disertai dengan keluhan pada saluran cerna seperti mual, muntah, gangguan BAB (buang air besar) , dan lainnya.
    2. masalah pada liver - seperti batu empedu. Nyeri biasanya terasa hilang timbul, seringkali disertai demam, mual, muntah.
    3. masalah saluran kemih - seperti batu saluran kemih, infeksi saluran kemih. Nyeri hilang timbul, sering disertai gangguan pada berkemih, seperti sering BAK (buang air kecil), BAK nyeri, BAK berdarah, BAK berpasir, dan sebagainya.
    4. dan lainnya
    Untuk mengetahui lebih pasti apa yang menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami sebaiknya temui dokter secara langsung. Dokter butuh untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, seperti cek lab darah, cek lab urin, USG, x-ray, dan CT scan. Setelah penyebab telah diketahui maka dokter dapat memberikan penanganan yang paling sesuai untuk kondisi yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi gejala yang dirasakan :
    • konsumsi air putih dengan jumlah yang banyak
    • jangan membiasakan diri menahan keinginan BAK (buang air kecil)
    • bersihkan daerah kemaluan secara menyeluruh setiap selesai BAK
    • konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol yang dijual bebas
    Berikut halaman diskusi dengan topik serupa : nyeri perut kanan bawah Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari