Tanya Dokter

  • sakit perut pada masa kehamilan

  • Hai dok.. Aku intan... Dok aku hamil dah 12 minggu...aku USG waktu hamil 9 minggu...katana kehamilan aku bagus..tp 11 minggu usia kehamilan aku smpe skrng ko perute aku ngerasa sakit tyus iia dok..itu bahaya wat kehamilan aku ga dok..ato ada masalh pada khamilan aku..mkash dok

    Hello, Nyeri perut selama masa kehamilan dapat terjadi karena gangguan pada kehamilannya atau bisa juga terjadi karena penyebab lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan atau dengan kata lain terjadi karena ada gangguan pada organ lain. Pada nyeri perut yang berhubungan dengan kehamilan dapat terjadi secara normal, karena pada saat kehamilan terjadi tekanan pada otot dan pembuluh darah sekitar perut sehingga sang ibu merasakan nyeri di sekitar perut. Penanganan sementara yang dapat dilakukan di rumah jika terjadi nyeri pada sekitar perut adalah :

    1. Istirahatkan diri Anda dengan cara duduk
    2. Berbaring dengan posisi berlawanan dengan daerah nyeri perutnya dengan kaki ditekuk
    3. Kompres dengan air hangat
    4. Mandi dengan air hangat
    Jika nyeri pada perut Anda tidak kunjung berkurang juga setelah berisitirahat, atau jika disertai dengan gejala-gejala perdarahan dari organ intim, nyeri pada saat buang air kencing, muntah, demam atau gejala lainnya, jangan tunggu lebih lama untuk pergi ke dokter. Karena kemungkinan ada sesuatu yang serius yang harus diobati secepatnya. Berikut adalah kemungkinan penyebab-penyebab nyeri perut serius yang berhubungan dengan kehamilan pada trimester 1 :
    1. Keguguran
    2. Kehamilan diluar kandungan
    Untuk nyeri yang tidak berhubungan dengan kehamilan pun harus dikenali secara baik, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti demam, muntah, nyeri yang sangat hebat, gangguan buang air besar atau kecil, dan lainnya. Berikut adalah kemungkinan penyebab-penyebab nyeri perut serius yang memerlukan penanganan secara cepat yang tidak berhubungan dengan kehamilan :
    1. Radang usus buntu
    2. Luka pada lambung
    3. Batu ginjal
    4. Batu empedu
    5. Divertikulitis
    6. Infeksi usus
    7. dan lainnya
    Untuk itu jangan tunggu terlalu lama untuk memeriksakan diri Anda ke dokter demi mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Anda dapat membaca laman nyeri perut secara umum di http://www.alodokter.com/sakit-perut/ dan juga laman nyeri perut yang berhubungan dengan kehamilan di http://www.babycentre.co.uk/a204/abdominal-pain-in-pregnancy Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.